Home » » SILATNAS Lintas Etnis Muslim Indonesia " Memperkokoh Kebhinekaan Dalam Persaudaraan Islam Rahmatan Lil Alamin"

SILATNAS Lintas Etnis Muslim Indonesia " Memperkokoh Kebhinekaan Dalam Persaudaraan Islam Rahmatan Lil Alamin"

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Sabtu, 20 Mei 2017 | 01.09

Bidikfakta.com - Jakarta, Dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan 1438 H dan hari Kebangkitan Nasional, Jam 'iyah Batak Muslim Indonesia ( JBMI ) menyelenggarakan Silaturahmi Nasional Lintas Etnis Muslim Indonesia dengan tema " Memperkokoh Kebhinekaaan Dalam Persaudaraan Islam Rahmatan Lil Alamin" yang bertempat di Masjid Al Hidayah Dirgantara, Kemayoran, Jakarta Pusat ( 20/5/2017 ).

Ketua Umum DPP JBMI, Albiner Sitompul dalam sambutannya mengatakan " Kita ini berbangsa- bangsa yang berbeda- beda, untuk itu saling mengerti dan saling mengetahui untuk saling menghormati. Bagaimana mungkin kita bisa mengerti dan mengetahui kalau kita tidak bersilaturahim", tuturnya saat membuka Silaturahmi Nasional Lintas Etnis Muslim Indonesia.

" Kita perkirakan dengan melalui pemberitaan media sosial, kita tidak membuat undangan khusus pemberitahuan, Alhamdulillah bisa  sampai Seribu orang datang dari Ambon dari Papua, Fakfak  Kaimana dan ada 10 orang dari Wamena Kemudian dari Padang Kemudian dari Batak sendiri kemudian dari Sulawesi Utara Manado", terang Albiner.

 Menurut Albiner, salah satu bentuk untuk menghadapi  bulan Ramadhan, kita bisa merasakan Ramadhan dengan sebaik- baiknya, tanpa silaturahim tidak akan bisa tercipta, karena tak akan terjadi berburuk sangka yang paling ditentang oleh agama itu sendiri. Maka perbanyaklah silaturahim pada bulan puasa, dalam kebhinekaan menuju Islam Rahmatan Lil Alamin dan meningkatkan persaudaraan dalam kebhinekaan", ujarnya.

Sementara itu perwakilan dari Papua, Mudassir Bogra mengatakan "Islam nusantara Islam lintas etnis muslim yang bersatu dalam kerangka  NKRI, dilanjutkan untuk ke daerah -daerah Insya Allah kalau bisa dibantu oleh media disosialisasikan bahwa kita ini sebagai umat Islam Muslim tidak boleh tersekat- sekat oleh etnis, tidak boleh tersekat oleh perbedaan suku agama,  bahasa kita satu Indonesia", paparnya.

Mudassir mengatakan " Jam 'Iyah  Batak Muslim Indonesia telah menginisiasi sebuah gerakan dari masjid Al- Hidayah di Kemayoran, dalam waktu dekat Padang, kali ini bisa jadi satu resonansi gerakan religius umat Islam agar kita bisa mengokohkan jati diri umat Islam di Indonesia yang mengimbangi Islam dan nantinya menjadi Islam yang Rahmatan Lil Alamin", ujarnya.

" Alhamdulillah ini yang harus diantisipasi agar jangan ada gerakan -gerakan radikalisme yang kemudian memicu konflik- konflik di Papua yang menggunakan atribut agama,  ini sangat kami hindari bahwa untuk mewujudkan Papua damai masih selalu kami ajarkan, tetapi Saya hanya ingin pesan kepada Negara, bahwa jangan biarkan konflik Papua berlarut -larut, ada kerusuhan ketidakadilan, ada persoalan pelanggaran HAM di Papua yang harus diselesaikan, terutama masalah korupsi. Selama ini banyak terjadi di masyarakat yang jadi korban, banyak Pejabat berlindung dibalik isu Papua merdeka, padahal mereka korupsi uang rakyat dan hal ini tidak pernah diangkat", pungkasnya.
(RD)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM