Home » » MENJELANG PILKADES DAN PILKADA 2018 KODIM 0816/SDA TINGKATKAN KEAMANAN WILAYAH MELALUI PEMBINAAN DAN PELATIHAN LINMAS

MENJELANG PILKADES DAN PILKADA 2018 KODIM 0816/SDA TINGKATKAN KEAMANAN WILAYAH MELALUI PEMBINAAN DAN PELATIHAN LINMAS

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Kamis, 04 Januari 2018 | 15.54



BidikFakta.Com,Sidoarjo


Dengan adanya pilkades dan pilkada Serentak maka Kodim 0816/sidoarjo  melaksanakan pembinaan keamanan Pada Linmas di wilayah koramil ,0816/15 Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo yang semakin Dekat supaya aman ,lancar, kondusif,terkendali.

Dan Koramil 0816/15 Sukodono segera melaksanakan pembinaan Linmas Di tiap tiap Desa Demi meningkatkan kinerjanya bersama unsur Forkopimka Kecamatan Sukodono.Bersama Babinsa yang ada di Desa binaan nya masing masing,dan  termasuk yang paling utama seperti yang di laksanakan oleh Babinsa Desa Sukodono dan Desa didalamnya Linmas.

Melalui pembinaan dan pelatihan Linmas kali ini Koramil 0816/15 Sukodono Kabupaten Sidoarjo ikut berperan aktif dalam menyiapkan dan meningkatkan potensi keberadaan kader-kader Linmas yang ada di setiap desa sekecamatan Sukodono.dengan cara bergantian dari desa ke desa yang dimulai pada awal Desember 2017 s.d sampai sekarang yang dimotori oleh Babinsa dari Desa Pademo Negoro dan Desa Sukodono atau Desa masing- masing secara Bertahab, dengan materi pembekalan Peran serta tugas dan tanggung jawab Linmas menjelang pelaksanaan Pilkades secara serentak dan Pilgub serta Wagub Provinsi Jawa Timur tahun 2018. Hal ini yang menjadi dasar satkoter/Koramil 0816/15 Sukodono melalui para anggota Babinsanya.

Di awali dengan perekrutan anggota Linmas oleh masing- masing Pemdes (Kades) setempat selaku Kasatgas Linmas Desa di bantu Dan satgas Linmas dalam melaksanakan tugas  kesehariannya. Agar para anggota Linmas tahu akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Linmas karena sebagai ujung tombak penegakan disiplin di lingkungan dan wilayah desanyan masing masing terutama pada saat Pilkades dan Pilgub yang sebentar lagi akan di laksanakan secara serentak. 

    Dan Dalam Kegiatan tersebut tidak dapat dilaksanakan kalau tidak adanya dukungan dari masyarakat untuk direkrut menjadi anggota Linmas yang notabenya sebagai tenaga bantuan sosial kemasyarakatan ditengah lingkungan/wilayah desanya. Dengan adanya. pembinaan/pembekalan oleh para Babinsa kapada semua anggota linmas, dengan penuh semangat dalam mengikuti pembekalan tersebut, yang meliputi sebagai berikut .

Yang pertama dilakukan Pembinaan Disiplin, dengan materi penanaman dasar- dasar PBB untuk mewujudkan anggota Satlinmas disiplin dan mampu menjalankan tugasnya terutama saat melaksanakan pengamanan baik Pilkades,Pilgub dan pemilihan umum nantinya.

Serta dilakukan Pemberian Tugas dan Tanggung Jawab sebagai Linmas, dalam hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 ttg. Penugasan Satuan Pelindung Masyarakat ( Satlinmas ) dalam penanganan Ketentraman, Ketertihan dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilian Umum. Pada pasal 1 butir 1 di sebutkan yaitu: Satlinmas adalah Warga Masyarakat yang disiapkan dan dibekali Pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan  memperkecil akibat bencana serta ikut memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban masyarakat dan kegiatan sosial kemasyarakatan, dengan pelatihan pengaman para personel baik pemilih atau petugas Pilkades dan Pilgub serta pengamanan dan pengawasan keamanan logistik.

Mengapa hal tersebut perlu  dilatihkan oleh para Babinsa Koramil 0816/15 Sukodono, agar para anggota Linmas tahu dan mengerti akan tugasnya waktu sebelum, pelaksanaan dan sesudah kegiatan baik Pilkades maupun Pilgub, karena TNI harus Netral/tidak ikut politik praktis dan berada diluar area saat kegiatan Pilkades/Pilgub berlangsung dan terdepan diarea lokasi  TPS adalah Satlinmas.

Harapan kami selaku Satkoter/Koramil 0816/15 Wilayah Sukodono bahwa, Satlinmas bersama Babinsa dan Instansi terkait kedepan harus bisa melaksanakan tugas dengan Sebaik baiknya nya, kemampuan yang dimiliki sesuai fungsinya sebagai Satlinmas, tentunya perlu mendapat perhatian khusus dari Pemdes dan Pemda setempat guna menarik masyarakat untuk menjadi anggota Linmas baik dukungan moril, materiil dan kesejahteraan sesuai kemampuan Pemda setempat  Aamiin Begitu yang di sampaikan oleh Kapten Inf  Said Danramil Sukodono Kabupaten Sidoarjo
(Eva/Zeey)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM