Home » » PRAMUKA SAKA WIRA KARTIKA&PRAMUKA SAKA WIDYA BUDAYA BHAKTI BERSATU DALAM BIOPORI

PRAMUKA SAKA WIRA KARTIKA&PRAMUKA SAKA WIDYA BUDAYA BHAKTI BERSATU DALAM BIOPORI

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Kamis, 11 Januari 2018 | 16.02

Sidoarjo,BidikFakta.Com

Instruktur Pramuka Saka Wira Kartika Kwaran Koramil 0816/15 Sukodono dan Babinsa beserta anggota pramuka Saka Widya Budaya Bhakti Kwaran Kec.Sukodono melaksanakan pembukaan sosialisasi sekaligus praktek pembuatan lubang biopori di wilayah Kec.Sukodono, Selasa (09/01/2018) pkl. 08.00 WIB.

Dalam kesibukan kesehariannya sebagai Bamin Wanwil Koramil 0816/15 Sukodono Kodim 0816 Sidoarjo Pelda DS. Wibowo dan Babinsa Ds. Anggaswangi Kec. Sukodono Serda Utoyo selaku instruktur Pamuka Saka Wira Kartika memberikan inovatif baru kepada para anggota pramuka Saka Widya Budaya Bhakti dari SMP Negeri I Kec. Sukodono yang tak kalah pentingya untuk pencegahan/antisipasi banjir dimusim penghujan, dengan penuh rasa semagat dan percaya diri untuk membagi pengalamannya dalam pembuatan lubang Biopori guna mencegah supaya tidak banjir bila ada genangan air disaat hujan. 

Kegiatan tersebut mendapat dukunga dari Forkopimka setempat dimana dalam pencanangan perdananya yang secara simbolis dilakukan oleh Kakwaran Saka Widya Budaya Bhakti Drs. Edy Sucipto dan Babinsa, kegiatan ini akan dilaksakan dseluruh SD/MI dan SMP Negeri 1 & 2 se-Kec. Sukodono  yang dimulai tgl 9 Januari 2018 s.d selesai secara bergantian sesuai jadwal yang sudah ditentukan,manfaat pembuatan lubang biopori diantaranya :
1. Mempercepat peresapan  endapan air.
2. Menambah sumber air sumur.
3. Menjaga ekosistem perkembang biakan cacing tanah karena didalam biopori diisi humus dari daun-daunan.

Pembuatan biopori dilakukan secara manual dan bahan-bahannya sangat  murah harganya dan mudah kita dapat disekitar kita.

Tujuan pembuatan Biopori agar para anggota pramuka bisa dan mampu memberikan contoh terbaik bagi siswa dan masyarakat sekitar tentang fungsi biopori.

Harapan kedepan yang igin dicapai dalam kegiatan tersebut diantaranya :

1. Mengantisipasi dan membantu  pemerintah desa dan daerah dalam mencegah dampak terkecil yg disebabkan bencana banjir.

2. Sebagai pelopor dalam kegiatan peduli lingkungan yang bersih, sehat dan indah.

Sebagai salah satu wujud peran serta generasi penerus bangsa agar bisa menjadikan bangsa yang mempunyai kepedulian untuk ikut berperan aktif dalam mengisi pembangunan didarahnya masing-masing sehingga timbul rasa cinta akan Bangsa dan Negaranya sendiri dalam memperkokoh tetap tegaknya NKRI. (Eva/Cindy/Zeey)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM