Home » » SIMULASI PENGAMANAN PEMUNGUTAN SUARA UNTUK PILKADA KOTA TANGERANG 2018

SIMULASI PENGAMANAN PEMUNGUTAN SUARA UNTUK PILKADA KOTA TANGERANG 2018

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Rabu, 03 Januari 2018 | 06.16

Sekelompok massa yang tidak terima dengan hasil penghitungan suara, di TPS 01 "Kelurahan Kebon Kosong" Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten. Mencoba membuat kerusuhan dengan memprotes hasil penghitungan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilaksanakan bersama para saksi dari pasangan calon masing-masing.


Sekelompok massa yang berteriak-teriak memperotes keras hasil penghitungan suara yang dilakukan PPS itu, memaksa dan merangsek masuk menggeruduk meja panitia karena tidak terima dengan hasil keputusan, sehingga terjadi kerusuhan. 


Beruntung, aparat kepolisian dari Polsek Karawaci yang di siap-siagakan di TPS tersebut. Berhasil menghalau kerumunan massa yang sudah tersulut emosi dan berhasil mengamankan dalang kerusuhan.


Saat di konfirmasi,Kapolsek Karawaci Kompol. Abdul Salim SH., mengatakan, Bahwa simulasi pengamanan jalannya pemungutan suara yang di gelar, Rabu (03/01/17), di depan Kantor Polsek Karawaci merupakan antisipasi terhadap gangguan keamanan yang bisa saja terjadi pada pilkada Kota Tangerang 2018 mendatang.


"Simulasi, pengamanan pemungutan suara untuk pilkada Kota Tangerang 2018 ini, sesuai instruksi Kapolrestro Tangerang Kota bapak Kombes. Harry Kurniawan SIK., MH., memang sengaja kami gelar dalam rangka mengantisipasi terjadinya kerusuhan dalam proses penghitungan suara." terangnya.


Kompol Abdul Salim pun berharap, dengan diadakannya simulasi, nantinnya dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para personil khususnya Polsek Karawaci, untuk menyikapi gangguan keamanan yang bisa saja timbul dalam pelaksanaan, pilkada Kota Tangerang. 


"Hampir disetiap adanya penyelenggaraan pemungutan suara baik pemilu, pilkada, dan lain sebagainya, kami sering melakukan latihan penanggulangan atau simulasi, dan diharapkan pengetahuan jajaran Polsek Karawaci semakin bertambah, dalam mengatisipasi setiap gangguan keamanan dalam bentuk apapun, khususnya saat pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang mendatang." jelasnya.


Ia juga menambahkan, dengan simulasi yang dilakukan oleh jajaran Polsek Karawaci dapat memberikan pengetahuan masyarakat. Sekaligus menghimbau agar masyarakat umumnya di Kota Tangerang dapat lebih memahami arti demokrasi, dengan tidak menggunakan cara-cara yang anarkis.


"Ya, mudah-mudahan apa yang kita lakukan saat ini (simulasi_red), dapat memberikan masukan bagi masyarakat, betapa tidak baiknya kalau pemungutan suara yang dilakukan secara demokrasi, di warnai tindakan anarkis, sebab ketidak terimaaan kita. Kan bisa di selesaikan dengan cara musyawarah," tandas Abdul Salim.


Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kecamatan Karawaci A. Nasution, mengutarakan. Simulasi jelang Pilkada Kota Tangerang 2018, yang laksanakan di halaman Polsek Karawaci adalah bentuk pembekalan kesiapan anggota dalam menangani dan mengantisipasi semua permasalahan, di saat jalannya proses pemungutan suara dan pada saat penghitungan berlangsung.


"Ini, murapakan latihan penanganan dan antisipasi, setiap kemungkinan situasi yang bisa saja terjadi, di saat proses pemungutan suara. Dan kami berharap para anggota PPS nantinya sudah paham dan mengerti bagaimana cara menanganinya." katanya.


Dalam kesempatan tersebut, Nasution pun menghimbau kepada masyarakat Kecamatan Karawaci, untuk sama-sama menjaga jalannya proses pilkada Kota Tangerang 2018, agar dapat berjalan dengan aman tanpa ada gangguan.


"Harapan Kami, pada saatnya nanti dalam proses pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang berlangsung, masyarakat Kecamatan Karawaci dapat ikut berpartisipasi mengamankan, jalannya pemungutan suara. Dengan datang ke TPS secara tertib, rapih, sopan, dan membawa bukti pengguna hak suara yang sah." ujar Nasution
(Eva Andryani/Imam)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM