Home » » Perusahaan Kabel Optik Terbesar di Indonesia Yangtze Optics Indonesia, Resmikan Pabrik di Karawang

Perusahaan Kabel Optik Terbesar di Indonesia Yangtze Optics Indonesia, Resmikan Pabrik di Karawang

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Selasa, 27 Februari 2018 | 22.22

Bidikfakta.com- Karawang, Yangtze Optical Fibre and Cable (YOFC) saat ini adalah penyuplai nomor satu di sektor Optical Preform, Optical Fiber, dan Optical Cable di dunia. PT. FOTI, Fiber Optik Teknologi Indonesia, adalah perusahaan Iokal yang memiliki misi untuk meningkatkan dan memajukan industri optik berbasis teknologi di Indonesia. 

 PT.Yangtze Optics Indonesia (YOI) sukses meresmikan pabrik kabel fiber optik di Kawasan Suryacipta Industrial Karawang. PT. Yangtze Optics Indonesia (YOI) adalah perusahaan joint venture di Indonesia antara YOFC (HK.06869) dan partner Iokal PT.FOTI dengan struktur kepemilikan 70% : 30%, serta total investasi lebih dari US$22 juta atau sekitar Rp 300 miliar.

PT.YOI sebagai perusahaan manufaktur kabel optik saat ini memiliki kapasitas produksi dua juta kilometer fiber, yang membuatnya sebagai perusahaan kabel optik terbesar di Indonesia.

Bersama PT.YOFI, (Yangtze Optical Fiber Indonesia) untuk memproduksi Optical Fibre (Core) di Indonesia, di mana dengan diresmikannya pabrik YOI, Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang fasilitas produksi fiber optik dan kabel optiknya terintegrasi dengan investasi total US$50 juta atau sekitar Rp 680 miliar. 

Saat diwawancarai dihadapan awak media, Chen Huixiong (CEP PT. Yangtze Optics Indonesia) mengatakan " Kami berharap dengan investasi dan dukungan dari Pemerintah Indonesia serta para partner, kami bisa berkontribusi dalam rencana Pemerintah Indonesia untuk memajukan teknologi broadband dan infrastruktur telekomunikasi", ujarnya saat peresmian pabrik kabel optik di kawasan Suryacipta, Karawang, Jawa Barat (28/2/2018).

"Selain itu kami ingin turut memajukan industri telekomunikasi dengan dukungan komponen lokal langsung dari Indonesia", terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam sambutannya mengatakan " Saya mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada PT. Yangtze Optic Indonesia yang telah berperan serta dalam membangun dan mengembangkan industri fiber optik core di Indonesia, sejak tahun 2016 dengan kapasitas produksi tiga juta km/ tahun dan menjadi pabrik fiber optik core pertama dan satu - satunya di Indonesia", ujar Airlangga yang disambut tepuk tangan meriah dari semua yang hadir.

Menurut Airlangga, saat ini kebutuhan kabel serat optik di Indonesia mencapai 9 juta km/tahun. Dengan dibangunnya pabrik baru ini dapat mengurangi impor sebesar 8-10 persen dari kebutuhan pertahun, sehingga bisa menghemat devisa sebesar 500 juta US Dolar.

" Dalam rangka pengembangan infrastruktur telekomunikasi dalam negeri, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi telah mencanangkan proyek Palapa Ring. Proyek ini akan menjangkau sebanyak 34 Provinsi, 440 Kota/ Kabupaten di seluruh Indonesia, dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, sedangkan kabel di daratan sejauh 21.807 kilometer", paparnya.

" Untuk itu Pemerintah terus berupaya untuk mendorong meningkatkan kapasitas produksi industri kabel serat optik, serta mengutamakan penggunaan produksi dalam negeri disetiap proyek pengadaan barang atau jasa Pemerintah", terang Airlangga.

" Kami ucapkan terima kasih kepada PT. Yangtze Optics Indonesia atas kepercayaannya menempatkan industri dan investasinya yang besar dan menjadikan Indonesia sebagai basis untuk melakukan kegiatan produksi", pungkasnya.
(RD)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM