Home » » TNI AU Siapkan Pasukan Siaga Banjir

TNI AU Siapkan Pasukan Siaga Banjir

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Selasa, 06 Februari 2018 | 08.43

Bidikfakta.com- Penkoopsau I, Selasa (6/2). Guna mengantisipasi intensitas curah hujan yang sangat tinggi diwilayah Jabodetabek, diprediksi akan terjadi Bencana banjir. Untuk itu TNI AU segera menyiapkan pasukan Siaga Banjir dengan melakukan gelar Apel Siaga Banjir di Marseling Area Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, dengan menerjunkan 3 SSK gabungan dari Wing I Paskhas, Lanud Halim Perdanakusuma dan Makoopsau I, dengan jumlah total 305 Personel.

Menurut Panglima Komando Operasi TNI AU (Pangkoopsau) I Marsda TNI Nanang Santoso, Pembentukan satuan tugas siaga banjir Koopsau I ini merupakan wujud  kepedulian TNI AU dalam misi tugas-tugas kemanusian serta realiasi dari tugas TNI dalam bentuk operasi militer selain perang (OMSP) yaitu membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana alam".

Untuk mendukung tugas pasukan Siaga Banjir, dalam Apel tersebut juga digelar dan disiapkan Alat Perlengkapan Pendukung Tanggap Darurat, antara lain; 10 Perahu Karet, 50 Rompi Pelampung, Pelampung Bulat 28, Alat Medis, serta Truk dan Ambulans untuk evakuasi.

"Melalui apel siaga banjir ini, dapat diketahui sejauhmana kesiapan TNI AU dalam membantu penanganan bencana banjir di wilayah jakarta dan sekitarnya.  Disamping itu, apel siaga ini juga dimaksudkan untuk mengecek kesiapan dan kekuatan personel serta sarana dan prasarana yang siap dikerahkan dan dimobilisasi untuk membantu penanggulangan bencana banjir, apabila dibutuhkan pada tahap tanggap darurat, dan evakuasi di wilayah yang terkena dampak banjir". Tegas Pangkoopsau I.

Jakarta,        Februari 2018
Autentifikasi
Kepala Penerangan

Drs. Nedi Yufrinal, M.Sc.
Letkol Sus NRP 518316

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM