Home » » Pangkostrad Hadiri Rakornis TMMD Ke-101 Tahun 2018 di Hotel Ciputra

Pangkostrad Hadiri Rakornis TMMD Ke-101 Tahun 2018 di Hotel Ciputra

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Selasa, 13 Maret 2018 | 05.49

(Penkostrad. Selasa, 13 Maret 2018). Pangkostrad Letjen TNI Agus Kriswanto menghadiri Rapat Koordinasi Teknis TMMD (Rakornis TMMD) ke-101 tahun 2018 yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy beserta Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di hotel Ciputra, Jakarta Barat, Selasa (13/3/2018).

Pada TMMD ke-101 ini, TNI bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka mempercepat tercapainya visi Kemendikbud tahun 2015-2019 dan Agenda Nawacita dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Menteri Muhadjir memaparkan berbagai keterlibatan TNI dalam dunia pendidikan bukan hal baru. Pasalnya, kata Muhadjir, peran dan kesigapan prajurit TNI dalam suksesnya pelaksanaan pendidikan di berbagai daerah sudah terbukti, di antaranya anggota TNI yang mengajar di sekolah-sekolah daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T), pengembalian ribuan anak putus sekolah ke sekolah yang merupakan kerja sama antara Pemda dan Babinsa di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

"Juga ada anggota TNI yang membantu melancarkan akses bagi siswa ke sekolah dengan menggunakan perahu karet menyeberangi sungai di Kabupaten Aceh Barat karena jembatan yang biasa digunakan rusak akibat banjir," kata Mendikbud.

"Banyak sekolah yang dibangun juga karena inisiatif dan kepedulian dari pihak TNI bekerja sama dengan Pemda di banyak daerah di Indonesia.

"Kerja sama dengan TNI sebenarnya sudah berjalan lama, pelaksanaan Rakornis ini merupakan wujud kerja sama yang baik antar lintas Kementerian dan Lembaga Pemerintahan untuk menghadirkan Negara dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pada tahun 2018 ini TMMD akan diselenggarakan sebanyak tiga kali per triwulan. Di awal TMMD ini, Kemendikbud akan fokus ke 83 Desa di 50 Kabupaten/Kota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Diakhir sambutannya Menteri Muhadjir berharap adanya kerjasama dengan TNI AD melalui Kostrad untuk mengatasi permasalahan pendidikan bagian Indonesia Timur. Akan diberikan pembekalan dibidang Pedagogi/Pembelajaran dan direncanakan untuk memberi penghargaan atas dedikasi dan pengorbanannya membantu meningkatkan pendidikan khusus di Wilayah Indonesia bagian Timur.

Sementara itu, Kasad, Jenderal TNI Mulyono dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan Rakornis TMMD diselenggarakan dalam rangka menyampaikan visi, misi, persepsi, serta arah kebijakan dalam mewujudkan kesiapan penyelenggarakaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 TA 2018.

Kasad menyampaikan, bahwa pelaksanaan TMMD ke-101 TA 2018 akan berlangsung selama 30 hari yang dimulai pada tanggal 28 Maret 2018 sampai dengan 26 April 2018 di 50 Kabupaten/Kota dengan jumlah personil sebanyak 7.500 orang terdiri dari unsur TNI/Polri, Kementerian/Lembaga, Pemda, dan masyarakat.

Adapun tema Rakornis TMMD ke 101 tahun 2018 ini adalah, "TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa". Dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat, Pangkostrad, Asisten Kasad, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bupati / Walikota, Bappeda Provinsi dan Kabupaten / Kota, Kepala PMD dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Letkol Inf Purtra Widyawina

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM