Home » » Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih Tingkat PPS Se Kecamatan Ciracas

Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih Tingkat PPS Se Kecamatan Ciracas

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Sabtu, 07 April 2018 | 18.01

Telah berlangsung kegiatan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih Tingkat PPS Se-Kecamatan Ciracas, bertempat di Aula kantor Kecamatan Ciracas Jl. Raya Ciracas Rt 008/Rw 006, Kel/Kec Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (04/04/2018), pukul 13:00 Wib s/d 16:30 Wib.

Kegiatan dihadiri oleh seluruh Petugas PPS se-Kecamatan Ciracas (kurang lebih 30 orang). 


*Nara Sumber :*
-》 Komisioner KPU Jaktim Bpk. Wage Wardhana
-》 ketua PPK : Bp. FACHRURROHMAN.  
-》 Ibu Yohana Tarlih PPK
-》 Bpk. Muchtar Logistik PPK
-》 Panwascam Abdul Hakim

Pada jam 13.30 wib, Giat Bimtek dibuka oleh Sekcam Ciracas Bpk. Mujiyono.

Materi yang disampaikan Pantarlih :
 1. Pendahuluan.
 2. Tugas Pantarlih.
 3. Tahap Persiapan.
 4. Tahap Pelaksanaan.
 5. Tahap Pelaporan.
 6. Kegiatan Coklit.

Adapun beberapa penyampaian Materi narasumber sebagai berikut :
 1. Pendahuluan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih atau biasa disebut PANTARLIH merupakan ujung tombak KPU (Komisi Pemilihan Umum) dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih. PANTARLIH dalam melakukan proses pemutakhiran dan pendaftaran pemilih mengemban tugas yang sangat penting yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya.

2. Tugas Pantarlih membantu KPU/KIP Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS dalam melakukan pemutakhiran data pemilih. Melaksanakan pemutakhiran data pemilih dengan melakukan Coklit ke setiap pemilih. Menyampaikan hasil Coklit kepada PPS. Membantu PPS dalam menyusun Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi/KIP Aceh, KPU/KIP Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

3. Tahap Persiapan Pertama Mengikuti BIMTEK, Membuat Rencana Kerja PANTARLIH, Mendapatkan Perangkat Kerja, Mengecek Perangkat Kerja, Koordinasi dengan RT/RW/sebutan lainnya.

4. Tahap pelaksanaan Mendatangi pemilih dari rumah ke rumah, Mencentang data pemilih bila cocok pada keterangan Model A-KPU, Memperbaiki data pemilih bila tidak cocok (Model A-KPU), Mencoret data pemilih yang tidak memenuhi syarat (Model A-KPU), Mencatat pemilih yang belum terdaftar (Model A.A-KPU), Memberikan tanda bukti pendaftaran (Model A.A.1-KPU), Mengisi dan menempel stiker Model A.A.2-KPU per KK di bagian depan rumah, Koordinasi setiap 7 hari sekali ke PPS.

5. Tahap Pelaporan : Mengecek kembali formulir A-KPU dan A.A-KPU dan A.A.1-KPU, Koordinasi akhir dengan RT/RW/sebutan lainnya, Bila RT/RW/sebutan lainnya melakukan koreksi data, maka lakukan coklit ulang, Mengisi formulir A.A.3-KPU, Menyerahkan hasil kerja ke PPS, Meminta tanda tangan PPS di Buku Kerja PANTARLIH.

6. Kegiatan Coklit : A. Mencatat pemilih yang telah memenuhi syarat, tetapi belum terdaftar dalam Daftar Pemilih.
 B. Memperbaiki data pemilih apabila terdapat kekeliruan.
 C. Mencatat keterangan pemilih yang berkebutuhan khusus pada kolom jenis disabilitas.
 D. Mencoret pemilih yang telah meninggal.
 E. Mencoret pemilih yang telah pindah domisili ke daerah lain.
 F. Mencoret pemilih yang telag berubah status dari sipil menjadi status anggota Tentara Nasional Indonesia atau Kepolisian Negara Republik Indonesia.
 G. Mencoret pemilih yang belum genap berumur 17 (tujuh belas) tahun dan belum kawin/menikah pada haru pemungutan suara.
 H. Mencoret data pemilih yang telah dipastikan tidak diketahui keberadaannya.
 I. Mencoret data pemilih yang tidak dikenal.
 J. Mencoret pemilih yang sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.
 K. Mencoret pemilih, yang berdasarkan KTP-el atau Surat Keterangan bukan merupakan penduduk setempat; dan.
 L. Mencoret pemilih yang tidak sesuai antara informasi TPS awal yang ada pada formulir Model A-KPU untuk disesuaikan dengan TPS terdekat berdasarkan domisili alamat pemilih dalam lingkup satu wilayah Kelurahan/Desa.

Catatan Coklit PASTIKAN bahwa pemilih yang akan didaftar adalah benar-benar warga diwilayah tersebut yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP-el, Kartu Keluarga, atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
JANGAN DAFTARKAN pemilih yang berasal dari daerah lain (perantauan) yang telah tinggal/menetap di wilayah kerja PANTARLIH TETAPI belum/ tidak memiliki KTP-el daerah pemilihan
PANTARLIH tidak mencoret pemilih yang memiliki KTP-el atau Surat Keterangan Disdukcapil  setempat setelah berkoordinasi dengan ketua RT/RW/sebutan lain, meskipun pemilih tersebut tidak dapat ditemui, seperti TKI, pelajar atau mahasiswa, atau kelompok pemilih sejenisnya
Mencatat Pemilih dengan identitas kependudukan bukan di wilayah kerja PANTARLIH ke dalam formulir khusus
Mencatat Pemilih yang tidak memiliki identitas kependudukan ke dalam form khusus
Menyampaikan kepada Pemilih yang tercatat dalam form khusus tersebut untuk diperiksa kembali apakah sudah terdaftar dalam daftar pemilih di tempat asal pada saat tahapan pengumuman DPS.


Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih tingkat PPS Se-Kecamatan Ciracas, Giat berlangsung situasi berlangsung dengan tertib dan aman. (Eva / Is)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM