Home » » CPNS Bakamla RI Dapat Bekal Jinakkan Api

CPNS Bakamla RI Dapat Bekal Jinakkan Api

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Kamis, 12 April 2018 | 03.48

Bidikfakta..com- Jakarta, 12 April 2018 (Humas Bakamla RI), Kepulan asap dan api terlihat di halaman kantor Bakamla RI. Hal tersebut diiringi dengan komando peran pemadaman kebakaran. Saat ditelisik lebih dekat, keriuhan tersebut merupakan kegiatan Pelatihan Pemadaman dan Kesadaran Keamanan akan Kebakaran.

Kegiatan yang cukup memacu adrenalin ini, diikuti oleh seluruh Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bakamla RI Angkatan 2017 di Kantor Pusat Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta, kemarin.

Mungkin timbul pertanyaan, mengapa seorang CPNS perlu dilatih untuk memadamkan kebakaran? Perlu diketahui bahwa sebagian besar CPNS Bakamla RI akan ditempatkan di kapal dan Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) yang mungkin terletak jauh dari keramaian kota. 

Untuk mengantisipasi sebelum terjadinya kebakaran, CPNS perlu dibekali pengetahuan dasar untuk meminimalisir hal-hal yang dapat menimbulkan percikan api. Lebih lanjut, CPNS juga dibekali bagaimana caranya menangani kebakaran dalam tahap awal, sambil menunggu datangnya pertolongan dari petugas kebakaran. Akan sangat baik jika kebakaran sudah dapat ditangani sepenuhnya sebelum petugas kebakaran tiba di lokasi.

Dalam kesempatan ini, peserta diajarkan beberapa teknik pemadaman kebakaran. Beberapa benda dapat digunakan untuk memadamkan api level kecil dan sedang seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan karung goni basah, 

Pelatihan yang tak lepas dari pantauan Kasubbag Rumga Bakamla RI Mayor Marinir Zaini 
ini menghadirkan perwakilan dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pembekalan mengenai keselamatan dalam bekerja, terlebih pada aspek penanggulangan dan penanganan kebakaran. Hal ini tidak terlepas dari kondisi ruang kerja yang akan dihadapi oleh masing-masing CPNS. Karena penanganan kebakaran di atas kapal yang tengah berlayar, akan berbeda dengan penanganan kebakaran di kantor (darat).

Autentikasi: 
Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono

Foto:
Humas Bakamla RI

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM