Home » » Kodim Sidoarjo Siap Lahan 1.250 HA Demplor/Percontohan Padi Jajar Legowo Pada Program Ketahanan Pangan

Kodim Sidoarjo Siap Lahan 1.250 HA Demplor/Percontohan Padi Jajar Legowo Pada Program Ketahanan Pangan

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Rabu, 18 April 2018 | 15.42

KODIM SIDOARJO SIAP LAHAN 1,250 HA DEMPLOR/PERCONTOHAN PADI JAJAR LEGOWO PADA PROGRAM KETAHANAN PANGAN 2018.

Bertempat di Ds. Kedungkembar Kec. Prambon Kab. Sidoarjo telah dilakukan pengecekan dan peninjauan lokasi lahan pertanian yang rencana akan dilaksanakan penanaman dan pengolahan lahan sebagai demlot/percontohan tanama padi oleh Kodim 0816 Sidoarjo pada program pembinaan ketahanan pangan TA. 2018.(18/4/2018).

Sersan Sutrisno selaku bintara tinggu staf teritotial Kodim 0816 Sidoarjo menjelaskan bahwa rencana demlot/lahan percontohan ini akan ditanami padi jenis inpari 42 dengan mengunakan metode jajar lewo serta ditanam mengunakan mesin tanam transplanter indo jarwo, lahan yg kita siapkan sendiri seluas 1,250 Ha , merupakan bentuk kerjasama dengan kades kedungkembar dengan Kodim 0816 Sidoarjo.

Kegiatan demlot/lahan percontohan tanam padi jajar legowo ini merupakan salah satu tahap persiapan dalam mendukung program TNI AD yang dijabarkan oleh program kerja Kodim 0816 Sidoarjo TA. 2018 khususnya bidang teritorial tentang pembinaan ketahan pangan, dalam hal ini menurut sersan sutrisno lahan Demlot/percobtohan ini bisa sebagai sarana pelatihan para Babinsa jajaran Kodim 0816 Sidoarjo serta sebagai percontohan bagi para petani, agar nantinya kalau berhasil petani dapat mencontoh cara tanam padi dengan mengunakan metode jajarlego sesuai anjuran dari pemerintah.

Pembinaan ketahan pangan ini tidak hanya tanam padi saja tetapi juga bertentuk tanaman pangan melalui polibag seperti sayur-sayuran dengan jenis tanaman cabe rawit,kol, bayam merah, terong dll yang dikembangkan di halaman Makodim 0816 Sidoarjo baik dengan cara tanam polibag dengan jumlah 250 polibag serta dengan cara tanam mengunakan sistem hidroponik.(tuturnya)

Menurut kepada Desa Kedungkembar bapak Achmat Jupriyanto mengatakan bahwa sangat mendukung program Kodim 0816 Sidoarjo dalam pembinaan ketahan pagan TA. 2018, oleh karena itu saya sudah serahkan lahan desa saya untuk dipinjam dan kelola oleh Kodim 0816 Sidoarjo dalam rangka pembuatan demlot/lahan percontohan tanaman padi dgn mengunakan metode jajarlegowo, sehingga harapan saya apabila nanti berhasil maka petani yang berada di desa saya akan dapat mengembangkan tanaman padi dengan mengunakan metode jajarlego.tuturnya .(Eva/Zeey//Lyn)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM