Home » » Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Gelar Lomba Adzan dan Hapalan Surat Alqur’an

Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Gelar Lomba Adzan dan Hapalan Surat Alqur’an

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Selasa, 17 April 2018 | 00.32

(Penkostrad. Selasa, 17 April 2018). Dalam rangka memperingati Isra Mi'raj yang jatuh pada tanggal 14 April lalu, Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad menggelar lomba mengumandangkan Adzan dan menghafal surat surat pendek Al Qur'an yang dilaksanakan di Masjid Al Isro, Jalan Trans Papua, RT 02/ RW 02, Kampung Kukup, Koya Koso, Distrik Arso, Kab. Keerom, Jayapura (15/4). Kegiatan perlombaan ini dipimpin oleh Komandan Pos (Danpos) Koya Koso, Letda Inf. Pandu Wicaksono.

Danpos Koya Koso mengadakan perlombaan tersebut sengaja diperuntukkan bagi anak anak SD yang berada di Kampung Kukup dengan tujuan menanamkan kecintaan terhadap Islam sejak dini. Disamping itu juga untuk memotivasi anak anak agar mempunyai semangat untuk belajar mengaji. Peserta lomba hafalan surat pendek Al Qu'an berjumlah 14 anak, sementara untuk lomba Adzan berjumlah 17 anak yang seluruhnya merupakan anak anak yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar.

Dalam lomba hafalan surat pendek Al Qur'an, Juri menetapkan 14 surat pendek yang wajib dihafalkan oleh para peserta lomba. Diantaranya Surah An Nas, Al Falaq, Al Lahab, An Nasr, Al Kafirun, Al Kautsar, Al Ma'un, Quraisy, Al Fil, Al Humazah, Al Asr, At Takassur, Al Qariah, dan surah Az Zalzalah.

Kriteria penilaian dalam hafalan surat pendek Al Qur'an adalah selain dituntut harus hafal, peserta lomba juga dituntut harus benar dalam mengucapkan Tajwidnya. Bagi peserta yang kurang hafal diberi kesempatan mengulangi surat yang kurang hafal tersebut oleh Juri sebanyak 3 kali kesempatan. Sementara untuk kriteria penilaian lomba Adzan adalah kemampuan para peserta lomba untuk melantunkan suara Adzan tersebut agar menjadi lebih indah didengar.

Dalam perlombaan tersebut, Adhil Suhardi (9 tahun) keluar sebagai Juara I dalam lomba Adzan. Sedangkan Elsa Rambubassae (10 tahun) keluar sebagai Juara I dalam lomba hafalan surat pendek Al Qur'an. Keduanya berhak mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh pihak Satgas berupa Tas Sekolah dan seperangkat alat tulis untuk belajar di Sekolah.

Ketua Pengurus Masjid Al Isro, bapak H. Herman sangat mengapresiasi kegiatan yang sangat positif ini dan memberikan penghargaan setinggi tingginya kepada pihak Satgas karena telah berupaya memotivasi anak anak dalam mempelajari ilmu Agama melalui perlombaan ini. Herman juga berharap suatu saat mereka bukan hanya menjadi juara disini saja, tapi juga bisa menjadi juara tingkat Internasional dan membuat nama Indonesia harum dimata Dunia.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Putra Widyawinaya

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM