Home » » ITL Trisakti Menyelenggarakan Gathering Bulanan

ITL Trisakti Menyelenggarakan Gathering Bulanan

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Selasa, 15 Mei 2018 | 11.50

Bidikfakta.com- Jakarta, Institut Transportasi dan Logistik (ITL Trisakti) menyelenggarakan Gathering bulanan, acara tersebut bertempat di Auditorium Lantai 7 Kampus ITL Trisakti (14/5/2018).

Dr.Ir.Tjuk Sukardiman selaku Rektor ITL Trisakti memaparkan dihadapan para awak media bahwa "Ini merupakan suatu hal yang baik sekali untuk dikembangkan di ITL Trisakti, jadi gathering antara dosen dan pimpinan secara periodik satu bulan sekali dalam coffe morning dan dalam rangka untuk merumuskan kebijakan bersama dari masukan- masukan para dosen dan juga karyawan, kemudian nanti pimpinan akan bisa merumuskan kebijakan- kebijakan", ujarnya saat diwawancarai mengenai acara tersebut.

Menurutnya ini sangat penting karena ITL Trisakti ini nanti sebagai landasan dan kerjanya adalah statuta.

" Statuta itu baru bisa berjalan dan berfungsi kalau ada organisasi dan tata laksananya berdasarkan struktur organisasi yang telah dan akan ditetapkan oleh statuta itu. Kemudian disahkan oleh Yayasan Trisakti", terangnya.

" Oleh sebab itu dalam rangka kita melengkapi organisasi dan tata laksananya, kami melakukan gathering dan even ini sambil silaturahim dalam menghadapi bulan Ramadhan dan kita menampung aspirasi- aspirasi dari seluruh dosen yang mengajar di ITL Trisakti untuk memberi masukan atas apa yang kita namakan prestasi kerja dalam setiap marga di ITL Trisakti ini", tutur Tjuk.

Tjuk menambahkan " Dua hari yang lalu kita melakukan pertemuan dengan IKAL Lemhanas yang memberikan masukan tentang wawasan kebangsaan, di dalam empat mata kuliah dasar utama yaitu Agama, Pancasila, Bahasa Indonesia dan Kewarganegaraan, itu diberikan materi sebagai suatu perspektif wawasan kebangsaan bagi para mahasiswa".

" Karena mahasiswa di ITL Trisakti nanti akan ada pendidikan Bela Negara, sebab dia tidak akan lebih baik apabila tidak dilengkapi dengan wawasan kebangsaan dan setelah dia memiliki wawasan kebangsaan maka akan terjadi sintesa antara yang diperoleh dari pendidikan pendahuluan tersebut, sehingga membentuk watak dan karakter tentang jiwa kebangsaan", ucapnya.

" Kita harapkan pada semester satu, cuma kita terbentur masalah pembagian jam kuliah dan ini nanti yang akan kita atur agar empat macam mata kuliah tersebut bisa di semester satu, sebagai pembekalan bagi mahasiswa untuk memperoleh wawasan kebangsaan dan nanti apabila di semester satu selesai, akan diadakan pelatihan Bela Negara, sebab dia sudah menghayati sekali bahwa yang mereka lakukan adalah hal- hal yang bersifat untuk pendidikan Bela Negara itu", tegas Tjuk.

Saat yang sama, Dr. Yossi Pahala selaku Kaprodi Pascasarjana S2 ITL Trisakti mengatakan " kita harus punya suatu KPI (Key Performance Indicators) yang benar- benar, selama ini bahwa penggunaan KPI itu tidaklah secara optimal, apalagi dalam kondisi kita sudah berubah dari Sekolah Tinggi menjadi Institut", ujar Yossi.

Menurut Yossi, ini suatu tantangan bahwa KPI itu akan lebih harus tersusun secara rinci, mengingat Perguruan Tingginya tidak lagi menjadi Sekolah Tinggi tetapi menjadi Institut.

" Institut itu turunannya harus ada Fakultas- fakultas, dan Fakultas itu juga punya departemen untuk pengembangannya dan ini bukan suatu yang mudah, karena itu kita tahu bukan hanya di Perguruan Tinggi, di industri- industri pun mengalami kondisi yang sama, bahwa kendala KPI itu menjadi masalah",paparnya.

Yossi menambahkan bahwa" hampir semua industri termasuk juga di pendidikan dan pendidikan ini banyak pihak, tidak hanya pengelolanya, tetapi ada dosen, mahasiswa, bahkan ada bagaimana kita menerima keluhan- keluhan dari para Orang Tua mahasiswa, bagaimana kita memiliki hubungan dengan industri".

" Ini memang banyak sekali untuk mengukur KPI yang ada di dunia pendidikan, ini yang sangat unik, makanya kita perlu standar yang benar- benar baku namun luwes dan tidak kaku serta mengikuti perkembangan", pungkasnya.
(RD)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM