Home » » BERKAH RAMADHAN, SATGAS 323 KOSTRAD RESMIKAN TEMPAT IBADAH DAN KHATAMKAN AL-QURAN DI TAPAL BATAS

BERKAH RAMADHAN, SATGAS 323 KOSTRAD RESMIKAN TEMPAT IBADAH DAN KHATAMKAN AL-QURAN DI TAPAL BATAS

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Selasa, 12 Juni 2018 | 20.45

Bidikfakta.com- Asiki, 13 Juni 2018
Berlokasi di Pos Komando Taktis Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad Distrik Jair Kabupaten Bovendigoel, Satgas Buaya Putih menggelar acara peresmian Mushola (12/6/2018). Peresmian ini digelar dengan mengundang segenap aparat pemerintahan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan pimpinan Perusahaan Korindo.

Mushola yang baru diresmikan ini diberi nama Al-Minhatul Khoir, yang dalam Bahasa Arab bermakna gotong-royong dalam kebaikan. Nama ini sengaja dipilih langsung oleh Dansatgas Yonif Raider 323 Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina, M. Si. (Han), karena agar lebih memaknai bagaimana proses berdirinya rumah ibadah ini yang merupakan hasil kerjasama dari berbagai pihak, baik dalam segi materil maupun tenaga. 

Menurut Dansatgas, tujuan didirikannya Mushola ini berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam baik anggota satgas maupun masyarakat umum yang singgah di Pos Kotis Satgas 323. Selain itu pendirian bangunan mushola baru ini, dilatarbelakangi dari saran masyarakat dan juga evaluasi prosedur keamanan di sebuah pos perbatasan. Sebelum adanya bangunan mushola ini, jika ada masyarakat yang ingin shalat harus memasuki mushola lama yang berada di dalam lingkungan barak prajurit. Menurut Letkol Jovan, "hal ini menjadi evaluasi dan kami perbaiki sehingga masyarakat pun tidak sungkan untuk singgah melaksanakan ibadah".

Di samping itu, acara peresmian Mushola Al-Minhatul Khoir ini juga dibarengi dengan acara syukuran Khatamul Quran para prajurit Buaya Putih yang sedang bertugas. Sejak awal penugasan Dansatgas telah memerintahkan anggotanya yang beragama Islam untuk giat membaca Al Quran. Hasilnya pada momen yang tepat di pekan terakhir Bulan Suci Ramadhan ini, sebanyak 154 personil Satgas 323 Kostrad telah berhasil menyelesaikan membaca ayat suci Al-Quran.

Kegiatan semacam ini pun mendapat respon positif dari warga di perbatasan, khususnya wilayah Distrik Jair Kabupaten Bovendigoel.  Dalam sambutannya salah satu tokoh masyarakat Bapak Mardi mengatakan, "amal bakti prajurit TNI tidak perlu diragukan lagi, bisa kita lihat bersama suatu hal yang sangat bermanfaat telah dilakukan oleh Bapak-bapak Satgas 323 Kostrad". " Bukan investasi jangka pendek, membangun rumah ibadah adalah suatu investasi jangka panjang yang pahalanya akan mengalir sampai di alam akhirat kelak", tambahnya. 

Sebelum acara peresmian, tamu undangan juga dihibur oleh penampilan tim marawis prajurit Satgas 323 Kostrad. Kegiatan peresmian dan Khatamul Quran ini dilanjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama dengan para tamu undangan yang hadir.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM