Home » » 6 Unit Bangunan Rumah Deret Tanpa IMB Di Semanan Surutkan APBD DKI

6 Unit Bangunan Rumah Deret Tanpa IMB Di Semanan Surutkan APBD DKI

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Selasa, 28 Agustus 2018 | 23.08

Enam Unit Bangunan Rumah Deret Tanpa IMB Di Semanan Surutkan APBD DKI


bidikfakta.com,JAKARTA 

Enam unit bangunan berbasis klaster di Kampung Pangkalan Rt. 07/10, Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat tanpa ijin mendirikan bangunan (IMB).


Bangunan claster yang rencananya akan dibanguan 16 unit rumah tinggal tersebut dikabarkan milik Fatur Rohman. Namun sejauh ini pemilik yang merencanakan membangun 16 unit rumah belum melengkapi IMB 6 rumah deret sudah dibangun.


Berdasarkan pasal 48 ayat 3 undang-undang disebutkan sebelum memiliki ijin bangunan pada saat undang-undang diberlakukan untuk memperoleh ijin mendirikan bangunan harus mendapatkan layak fungsi berdasarkan ketentuan Undang-undang. 


Kewajiban untuk melengkapi setiap pembangunan rumah dengan IMB berlaku bagi setiap orang dan tidak pengecualian tertentu untuk penduduk asli Jakarta sekalipun. Memang dalam praktiknya pelaksanaan kewajiban untuk melengkapi pembangunan rumah dengan IMB bedasarkan kesadaran hukum masyarakat dan juga penegakan  hukum dari pihak pemerintah daerah.


Ucai salah seorang yang dipercayai Fatur Rohman  (pemilik bangunan)  mengatakan, pembangunan rumah deret ini rencananya akan dibangun 16 unit rumah. 


"Selain bangun disini pemilik juga sudah membangun di beberapa tempat sekitar sini namun bukan untuk dikontrakan, tapi diperjual belikàn," ujar Ucai Rabu (29/8).


Terkait ini Seksie Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, dianggap lalai dalam pengawasan pelanggaran pembangunan. Lantaran bangunan deret yang hampir selesai tersebut belum ada tindakan sama sekali dari pihak Citata, seperti SP4, penyegelan dan Rekomendasi tekhnik (Rekomtek) hingga pembongkaran. 

(Eva Andryani)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM