Home » » BUPATI TASIKMALAYA HADIRI HELARAN KESENIAN TRADISIONAL TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2018.

BUPATI TASIKMALAYA HADIRI HELARAN KESENIAN TRADISIONAL TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2018.

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Jumat, 31 Agustus 2018 | 04.40

Kab.Tasikmalaya,bidikfakta.com

Bupati Tasikmalaya H. UU Ruzhanul Ulum hadiri acara Helaran Kesenian Tradisional Tingkat Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2018 yang dilaksanakan di lapangan Desa Cilampunghilir Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya, pada Rabu,29/08.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Tasikmalaya H.Ade Sugianto, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H.Ruhimat, Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asisten Daerah Sekda. Kabupaten Tasikmalaya, Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Tasikmalaya, para Camat se-Kab. Tasikmalaya, tokoh agama, tokoh masyarakat, seniman serta unsur terkait lainnya.

Bupati Tasikmalaya H.Uu Ruzhanul Ulum mengatakan "Helaran kesenian tradisional anu dilaksanakeun ku Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya ngarupikeun salah sahiji tarekah pikeun ngamumule tur ngaronjatkeun anjen inajen seni budaya Sunda sangkan jati teu kasilih ku junti"

Saat ini kesenian tradisional sunda telah terdesak oleh budaya baru yang datang dari luar Indonesia. Ia berharap dengan dilaksanakannya kegiatan helaran ini akan menjadi bukti bahwa di Kabupaten Tasikmalaya masih terdapat beragam kesenian tradisional yang harus terus dipelihara dan diperkenalkan ke masyarakat luas. "Dina danget iyeu, sim kuring umajak hayu urang ngamumule seni budaya sunda anu saestuna sanes mangrupi tanggungjawab pamarentah wungkul, sanes tanggung jawab seniman sareng budayawan wungkul, tapi tanggung jawab urang sadaya salaku masyarakat sunda, utamina para nonoman".Tandas H.Uu.

Bupati juga mengatakan, acara Helaran Kesenian Tradisional ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT RI yang ke-73 dan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya yang ke-386, dengan harapan dengan kegiatan ini bisa dijadikan salah upaya untuk memelihara seni tradisional khususnya yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. "Saha deui anu baris ngajaga hirup-huripna, ngariksa seni budaya sunda iwal ti urang sunda sorangan, mugia seni budaya sunda titinggalan karuhun urang tiasa sirungan deui tandang makalangan, ngigelan jaman",Pungkas Bupati H.Uu.

DEDE .KH

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM