Home » » Cegah Campak dan Rubella Brigif Para Raider 3 Kostrad Gelar Sosialisai dan Imunisasi Measles Rubella

Cegah Campak dan Rubella Brigif Para Raider 3 Kostrad Gelar Sosialisai dan Imunisasi Measles Rubella

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Rabu, 29 Agustus 2018 | 22.38

Penkostrad. Kamis, 30 Agustus 2018). Brigif Para Raider 3 Kostrad bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Maros menggelar sosialisasi dan imunisasi Measles Rubella (MR) dalam rangka menyukseskan Indonesia bebas Campak dan Rubella yang dilaksanakan di Gedung Sapata Marga Brigif Para Raider 3/TBS. (29/8/2018).

Sosialisasi dan imunisasi Measles Rubella dihadiri Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXI, Persit kartika Chandra Kirana Ranting 1 Denma, Persit kartika Chandra Kirana Ranting 2 Yonif Para Raider 431, Persit kartika Chandra Kirana Ranting 3 Yonif Para Raider 432 dan anak-anak dari TK Kartika IX-5, SD 196 Sudirman, SD 126  Kariango.

Untuk diketahui imunisasi Measles tidak lain adalah pemberian vaksin Measles Rubella kepada anak sebagai perlindungan terhadap penyakit Campak dan Rubella. Dimana vaksin MR merupakan kombinasi vaksin Campak atau Measles dan Rubella berfungsi untuk melindungi anak dari penyakit Campak dan Rubella.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, Hj Rusmawatiah SKM, M.Kes mengatakan, nantinya imunisasi tersebut akan diberikan secara gratis di posyandu-posyandu yang ada di seluruh Kabupaten Maros, sementara untuk anak yang sudah masuk usia sekolah nanti petugasnya yang akan datang ke sekolah-sekolah.

Vaksin yang digunakan pemerintah, menurutnya, telah mendapat rekomendasi dari WHO dan izin edar dari Badan POM. Vaksin MR 95 persen efektif untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella. Vaksin ini aman dan telah digunakan di lebih dari 141 negara di dunia.

Gejala penyakit Campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash) disertai dengan batuk, pilek dan mata merah (konjungtivitis), sedangkan gejala penyakit Rubella tidak spesifik, bahkan bisa tanpa gejala. Gejala umum berupa demam ringan, pusing, pilek, mata merah dan nyeri persendian, mirip gejala flu. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.

Hadir dalam acara tersebut  Waaspers Kasdivif 3 Kostrad Letkol Inf Ary Suseno, Kasi Pers Brigif Para Raider 3/TBS Mayor Inf A.A. Rangkuti, Dokter Brgif Para Raider 3 Lettu CKM dr Aldian, Kepala Puskesmas Carangki dr. Hendra.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Letkol Inf Adhi Giri Ibrahim

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM