Home » » HARI MASYARAKAT ADAT INTERNASIONAL DI PAPUA, SATGAS 323 KOSTRAD GELAR LOMBA BAGI ANAK-ANAK

HARI MASYARAKAT ADAT INTERNASIONAL DI PAPUA, SATGAS 323 KOSTRAD GELAR LOMBA BAGI ANAK-ANAK

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Rabu, 08 Agustus 2018 | 22.19

Bidikfakta.com- Asiki, Kamis, 9 Agustus 2018, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad bekerja sama dengan Radio Asiki FM membuat perlombaan mewarnai bagi anak-anak usia PAUD dan TK yang ada di wilayah Asiki dan sekitarnya. (9/8). Perlombaan yang digelar dengan tajuk "Aku Cinta Indonesia" ini diselenggarakan di tengah Taman Asiki Indah Distrik Jair Kabupaten Bovendigoel Papua. 

Acara lomba yang diikuti oleh 75 orang anak-anak dari 3 TK dan 4 PAUD sekitar Asiki ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Masyarakat Adat Internasional yang jatuh tepat pada tanggal 9 Agustus 2018 ini. Selain itu, sepekan mendatang juga akan diperingati sebagai Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-73 sehingga tema yang diambil pun masih seputar nasionalisme. 

Puluhan anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut sejak pagi hari sudah berkumpul di halaman Taman Asiki Indah dengan berpakaian adat. Menurut Ketua Panitia Kegiatan Lomba ini, Satuman, "kami sengaja memancing peserta untuk mengenakan pakaian adat dalam pelaksanaan lomba ini, sehingga selain lombanya itu sendiri, kami ingin mengenalkan kepada anak-anak akan pentingnya menjaga keberagaman adat istiadat yang ada di Indonesia".

Mengenai tema yang diambil yaitu "Aku Cinta Indonesia", menurut Lettu Inf Johan Boarmasa selaku panitia dari pihak Satgas 323 Kostrad, "tema ini kami kaitkan dengan semakin dekatnya waktu pelaksanaan perayaan HUT RI ke-73 pekan depan". Ia juga menambahkan, "masa usia dini adalah waktu yang paling efektif untuk menanamkan doktrin rasa cinta tanah air, sehingga kelak mereka akan tumbub menjadi manusia Indonesia yang maju dan tetap peduli akan negaranya sendiri".

Disela-sela lomba saat menunggu hasil penjurian, diisi pula dengan kegiatan mendongeng yang dibawakan oleh Lettu Inf Johan Boarmasa. Terlihat antusias menyimak dongeng "Si Kancil dan Si Siput" yang dibawakan dengan jenaka. Selain itu, Satgas Yonif Raider 323 juga memperkenalkan truk pustakan kepada anak-anak sekaligus membagikan hadiah bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan tentang nasionalisme yang dipandu oleh Lettu Inf Muhammad Fikri. 

Pada perlombaan tersebut pada kategori TK, keluar sebagai juara I adik Ona Jusu dari TK Santa Theresia Asiki berdasarkan hasil penilaian dewan juri. Ketika ditanya tentang perasaannya, adik Ona Jusu menjawab, bahwa dirinya sangat senang bisa menjadi juara dan membuat bangga kedua orang tuanya. Sedangkan pada kategori PAUD adik Hilda Fakhrizah dari PAUD Al Hidayah yang keluar sebagai juara pertama.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM