Home » » Latma CARAT 2018 TNI AL Bersama U.S. Navy dan USMC Resmi Dibuka

Latma CARAT 2018 TNI AL Bersama U.S. Navy dan USMC Resmi Dibuka

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Minggu, 12 Agustus 2018 | 05.05

Bidikfakta.com- Jakarta, 12 Agustus 2018,-- Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Madya (Laksdya) TNI Aan Kurnia, S.Sos., diwakili Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., membuka secara resmi Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) Tahun 2018 antara TNI Angkatan Laut, U.S. Navy dan USMC, di Markas Komando (Mako) Komando Latihan (Kolat) Koarmada I, Sunter Kodamar, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (10/8).

Latihan CARAT ini disamping bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel Angkatan Laut juga untuk mempererat kerjasama kedua negara. Kegiatan ini merupakan implementasi dari kegiatan bilateral kedua negara di lapangan dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kerjasama kedua negara di bidang maritim.

Kegiatan latihan lapangan digelar di Jakarta, sementara kegiatan di laut dan udara akan bertempat di Laut Jawa dan Laut Bali. Disamping Prajurit TNI AL, CARAT juga diikuti 119 Personel Angkatan Laut dan Korps Marinir AS.  Latihan bersama ini akan menampilkan serangkaian pelatihan di laut mencakup pertempuran permukaan,  penanggulangan teroris dan perompakan di atas kapal Visit, Board, Seach and Seizure (VBSS), latihan persenjataan serta operasi patroli laut.

Rangkaian latihan CARAT ini meliputi training dan symposium. Kegiatan training antara lain Force Protection Training, Diving Exercise (DIVEX) Training, CENTRIX Training dan Visit Board Search and Seizure (VBSS) Training. Sedangkan kegiatan symposium antara lain Maritime Domain Ewareness (MDA) Symposium, Logistic Symposium, Aviation Symposium, Medical Symposium dan Woman Leader Ship Symposium. Kegiatan training bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi kedua pihak untuk berbagi praktik terbaik terkait taktik di angkatan laut. Sedangkan kegiatan symposium dimaksudkan untuk forum diskusi, pertukaran informasi dan latihan bersama untuk saling bertukar ide, keahlian dan pengetahuan operasi militer sebagaimana mestinya.

Latihan CARAT juga melibatkan kapal perang dan pesawat udara kedua negara antara lain KRI Sultan Iskandar Muda-367, KRI Banda Aceh-593, USS Rushmore serta Helly BO-105, Cassa dan P-8. 

Dalam Latihan CARAT 2018 kali ini bertindak selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Carat 2018, Kolonel Laut (P) Isswarto yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Eskorta Koarmada I.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM