Home » » Subdit KSDN Bakamla RI Pantau Diklat Pemberdayaan Masyarakat Desa Maritim Cemaga

Subdit KSDN Bakamla RI Pantau Diklat Pemberdayaan Masyarakat Desa Maritim Cemaga

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Rabu, 29 Agustus 2018 | 02.00

Bidikfakta.com- Natuna, 29 Agustus 2018 (Humas Bakamla RI)---Menginjak Hari kedua Diklat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir yang digelar oleh Bakamla RI bekerjasama dengan STIP Jakarta, Subdirektorat Kerja Sama Dalam Negeri (Subdit KSDN) Bakamla RI terus melakukan pendampingan dan pemantauan pelaksanaan Diklat. Terlihat para peserta semakin antusias untuk belajar dasar keselamatan di laut, di Desa Maritim Cemaga, Kab. Natuna, Kepri, Rabu (29/8/18).

Meskipun kegiatan Diklat baru di mulai pada pukul 08.00 WIB, namun 107 peserta terlihat rapi memakai seragam Diklat berwarna merah sudah siap dan berkumpul di halaman sejak pukul 06.00 WIB.

Materi kali ini di bawakan langsung oleh Dr. Ariyanti Sri sulistyorini dari STIP Jakarta yang akan mengajarkan dasar pertolongan pertama pada keselamatan, mulai dari pengenalan anatomi tubuh, jenis luka, identifikasi dalam keadaan pingsan atau tidak bernyawa dan resusitasi jantung paru.

Kegiatan kelas berlangsung interaktif, hingga di lanjutkannya sesi praktek oleh Wahyu Kusmayadi yang merupakan salah satu Tim Medis STIP Jakarta. Metode pembelajaran yang diberikan yaitu dengan mengadakan simulasi menggunakan sukarelawan dari peserta untuk Resusitasi Jantung Paru dengan istilah CAB (Compression Airway Breathing). Untuk mengetahui sampai sejauh mana para peserta telah menyerap materi yang diberikan, dilakukan pula evaluasi kegiatan belajar yang telah dijalani selama dua hari ini, dimana para peserta dikumpulkan berdasarkan kelompoknya.

Selain Tim Direktorat Kerjasama Bakamla RI, hadir pula Kades Desa Cemaga, Tim STIP Jakarta, dan personel SPKKL Natuna yang ikut menyaksikan selama kegiatan berlangsung.


Autentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM