Home » » Danramil Candimulyo Rangkul Satlinmas Untuk Perangi Teroris dan Narkoba

Danramil Candimulyo Rangkul Satlinmas Untuk Perangi Teroris dan Narkoba

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Senin, 03 September 2018 | 05.34

Bidikfakta.com- MAGELANG-- Sebanyak 60 anggota Satlinmas (Satuan Pelindung Masyarakat) perwakilan dari masing-masing Desa se-Kecamatan Candimulyo mengikuti kegiatan pembinaan di Kecamatan Candimulyo Senin (03/9).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Forkopimcam yang  dipusatkan di aula Kecamatan tersebut mendapat antusiasme dari para perserta. Hadir dalam acar tersebut antara lain, Camat Candimulyo yang diwakili Sekcam Budi Iriyanto S.Sos, Danramil-10/Candimulyo  Kapten Kaveleri Winarto, Kapolsek AKP Suharto serta Kasi (Trantib) Ketentraman dan ketertiban  Kecamatan Marwoto. S. Sos.

Pembinaan terhadap para Satlinmas kali ini dipandang sangat perlu, sebab tugas serta keberadaan para Satlinmas diwilayah adalah sebagai salah satu bentuk sinergitas bersama antar semua lapisan masyarakat dalam menjaga keamanan dan keutuhan negara Republik Indonesia dari berbagai bentuk ancaman dan hambatan yang akan merusak dan merongrong keutuhan NKRI.

Sebagai nara sumber, Komandan Satuan  kewilayahan, Danramil-10/Candimulyo Kapten Kaveleri Winarto, dalam sambutanya   menekankan tentang arti pentingnya tugas Satlinmas dimasyarakat yang begitu sentral dalam mewujudkan situasi kedamaian dan keamanan dalam wilayah tertentu sebelum kejadian tersebut menjadi lebih luas dan berkembang.

Mengingat hal demikian, Winarto senantiasa  mengajak kepada para peserta agar selalu ikut pro aktif terhadap perkembangan situasi wilayahnya sebelum anggota Koramil maupun Polsek terjun ke lapangan. Satlinmas merupakan mata dan telinga bagi warga masyarakat wilayah sekitar, sehingga peran sertanya selalu dipandang  begitu penting sebagai garda terdepan selain TNI-Polri, "Ujarnya".

Winarto menambahkan,  bahwa jaman sekarang banyak anak-anak yang terjerumus kedalam hal yang negatif seperti minuman keras, bahkan ada yang memakai narkoba. Sungguh ironis memang, namun begitulah adanya. Memandang fenomena jaman globalisasi saat ini, yang segala sesuatu informasi dengan mudah didapat dari media online  tentunya hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak dimasa kini.

Meskipun tak dipungkiri banyak segi positifnya dari menggunakan media online tersebut, akan tetapi sisi negatifnyapun juga sangat mengkhawatirkan, khususnya bagi generasi muda. Bagi yang mempunyai putra puteri yang masih sekolah, arahkan mereka ke jenjang sekolah yang sudah jelas arah  idiologi dan dasar pendidikanya, jangan sampai salah masuk ke lembaga pendidikan yang terindentifikasi mengajarkan faham radikalisme, yang nantinya akan menciptakan teroris baru yang bisa mengganggu kestabilan keamanan wilayah, terutama Candimulyo.

Untuk sementara waktu, wilayah candimulyo sampai saat ini masih dalam situasi kondusif, artinya tidak ada kejolak yang sangat menonjol. Hal ini tentunya berkat kerjasama dan sinergitas semua lapisan masyarakat dengan pemerintah serta aparat TNI-Polri yg dibantu Satlinmas di Desa masing-masing. Terima kasih atas kerjasamanya selama ini, namun jangan sampai lengah terhadap perkembangan situasi wilayahnya. Cegah dan laporkan segala sesuatu kegiatan yang sifatnya mencurigakan dan mengandung unsur radikalisme serta mengancam kedamaian bermasyarakat. Jangan pernah ragu untuk bertindak kalau memang harus menegakan keamanan demi terciptanya kondosifitas  diwilayah, TNI-Polri akan membantu  untuk mewujudkan semua itu, agar situasi tetap terjaga dengan aman, nyaman dan damai. "Tegasnya".

Sebagai petugas Satlinmas yang dipilih dari masing-masing Dusun di Desanya,  hendaknya bisa memberikan contoh dan mampu mengajak bagi warga lainya, terutama dalam kegiatan di masyarakat agar mereka secara sadar dan dapat melaksanakan apa yang sebenarnya menjadi  perilaku yang pantas dan benar untuk dilakukan diwilayah tersebut. "Pungkas Winarto"  

Ahmad Fatoni (38) Satlinmas dari Desa Tembelang merasa senang dengan diadakanya pembinaan yang diselenggarakan oleh Forkopimcam kali ini. Karena hal-hal yang sebelumya tidak tau, dengan diadakanya  acara tersebut, mereka jadi faham dan mengerti, terutama masalah tugas dan tanggung jawabnya yang harus dilakukan sebagai Satlinmas di masyarakat. Semula saya merasa ragu apabila melaksanakan tugas diwilayah, namun setelah mengikuti pembinaan, saya akan menerapkan ilmu yang sudah saya dapat dari kegiatan semacam ini, karena ini merupakan sesuatu yang berharga bagi kami. "Ucapnya" (red)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM