Home » » DISKUSI PANEL BIDANG OPERASI RESMI DIBUKA KOMANDAN SESKOAL

DISKUSI PANEL BIDANG OPERASI RESMI DIBUKA KOMANDAN SESKOAL

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Jumat, 14 September 2018 | 00.31

Bidikfakta.com- Seskoal, 14 September 2018, -- Diskusi Panel Bidang Operasi yang diikuti sebanyak 135 Perwira Siswa Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Pasis Dikreg Seskoal) Angkatan Ke-56 TP. 2018, resmi dibuka oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., di Kelas A Gedung R.E. Marthadinata, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat (14/09).

 

Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., dalam sambutannya mengatakan Diskusi Panel Bidang Operasi merupakan salah satu kegiatan dalam kalender akademik pendidikan reguler Seskoal dengan tujuan agar para pasis mampu merumuskan pemecahan masalah secara akdemis bidang operasi dalam masalah pencarian dan pertolongan (Search and Rescue) secara komprehensif.

 

Lebih lanjut dikatakan Danseskoal, dalam melaksanakan pencarian dan pertolongan Basarnas mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menyelenggarakan pencarian dan pertolongan sebagaimana ada dalam Perpres Nomor 83 tahun 2016 tentang Badan Nasional pencarian dan pertolongan. Dalam Perpres tersebut menegaskan dalam melaksanakan tugas Basarnas memiliki kewenangan untuk mengerahkan personel dan peralatan yang dibutuhkan dari TNI dan Kepolisian RI untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Menurut pejabat Bintang dua ini, dalam melaksanakan pencarian dan pertolongan dilaut seringkali timbul permasalahan yang disebabkan karena begitu banyak pihak yang terlibat di lapangan yang membutuhkan komando dan pengendalian yang jelas dan sistematis. " Maka TNI Angkatan Laut perlu melaksanakan perencanaan yang matang berkaitan dengan yang terjadi, pengorganisasian, kekuatan yang dilibatkan serta koordinasi dan kerjasama yang melekat dengan pihak Basarnas maupun kantor SAR yang wilayah kerja tanggung jawabnya meliputi daerah tempat dilaksanakannya pencarian dan pertolongan agar penyelenggaan operasi dapat terlaksana dengan baik, efektif dan efisien sesuai dengan prinsip-prinsip pencarian dan pertolongan,"ujarnya.

 

Tema yang diangkat dalam Diskusi Panel Kali ini "Dengan Perencanaan Strategis Dan Kerjasama Yang Sinergis Pada Penyelenggaraan Operasi Pencarian Dan Pertolongan Kita Wujudkan Satu Kesatuan Sistem Pencarian Dan Pertolongan Yang Efektif, Efisien dan Handal" dengan mengundang dua panelis yaitu Komandan Gugus Tempur Laut Bagian Barat Laksamana Pertama TNI Irvansyah dan Deputi Bidang Operasi, Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas Brigadir Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.IP., M.M.

 

Adapun Panelis Pertama Brigadir Jenderal TNI Nugroho Budi wiryanto, S.IP., M.M., membahas tentang Kebijakan dan Strategi Basarnas. Sementara itu Panelis Kedua Laksamana Pertama TNI Irvansyah membahas tentang Kebijakan dan Strategis TNI Angkatan Laut. Kedua pembahasan panelis tersebut menyangkut dalam operasi pencarian dan pertolongan dan pelaksanaan kerjasama dengan instansi lain pada pencarian dan pertolongan sehingga dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya membangun kepercayaan Nasional dan Internasional.


Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM