Home » » Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Dinamo di Kampung Kriko, Papua

Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Dinamo di Kampung Kriko, Papua

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Minggu, 30 September 2018 | 23.37

Penkostrad. Senin, 1 Oktober 2018). Agustus 2018 lalu, Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, Letkol Inf. Eko Antoni Chandra telah meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kampung Kriko, Distrik Arso Timur, Kab. Keerom yang merupakan hasil kerja sama antara Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Pos Pitewi bersama dengan masyarakat Kampung Kriko dengan memanfaatkan putaran dari kincir air yang mampu menghasilkan daya sebesar 1000 watt, PLTA Kampung Kriko mampu menerangi 2 fasilitas umum, dan 3 rumah warga Kampung Kriko. (28/9/2018).

Hasil yang telah dicapai dinilai masih sangat kurang, mengingat di Kampung Kriko sendiri terdapat 35 rumah yang membutuhkan penerangan. Hingga akhirnya personel Pos Pitewi mengembangkan hasil yang telah dicapai dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Dinamo. Pembangkit Listrik Tenaga Dinamo ini menggunakan Aki, Dinamo, Generator, dan Inverter.

Proses kerjanya adalah arus DC dari Aki dirubah menggunakan Inverter menjadi arus AC. Arus AC inilah yang akan memutar Dinamo yang telah dirangkai dengan Generator. Jadi ketika Dinamo berputar, maka Generator pun akan ikut berputar. Dari putaran Dinamo dan Generator tersebut akan menghasilkan arus listrik sesuai dengan kapasitas Generator. Arus listrik yang dihasilkan oleh Generator sebagian digunakan untuk mencharge Aki, sebagian lagi dialirkan ke rumah-rumah warga.

Saat ini Kampung Kriko telah memiliki 2 alat pembangkit listrik yang mampu menghasilkan energi listrik sebesar 2000 watt, dan hingga saat ini sebanyak 14 rumah di Kampung Kriko telah memiliki penerangan. Keunggulan dari Pembangkit Listrik Tenaga Dinamo ini adalah tidak memerlukan Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti Bensin atau Solar, karena energi listrik yang dihasilkan oleh Generator tersebut sebagian digunakan untuk mencharge Aki sehingga warga Kampung Kriko tidak terbebani untuk membeli BBM.

Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin agar seluruh masyarakat Kampung Kriko bisa menikmati listrik di rumah mereka. "Disisa waktu yang ada, kami akan berupaya agar seluruh warga Kampung Kriko bisa menikmati listrik di rumah-rumah mereka", ujar Dansatgas.

Saat ini, Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad tengah menyiapkan dan mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Dinamo dengan daya 2000 watt. Diharapkan dengan total daya sebesar 4000 watt mampu menerangi seluruh rumah rumah warga di Kampung Kriko.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Letkol Inf Adhi Giri Ibrahim

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM