Home » » Silaturahmi Budaya Bersama Penyiar Dan Masyarakat Petukangan

Silaturahmi Budaya Bersama Penyiar Dan Masyarakat Petukangan

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Minggu, 30 September 2018 | 16.43

SILATURAHMI BUDAYA BERSAMA PENYAIR DAN MASYARAKAT PETUKANGAN

bidikfakta.com,Jakarta

Kegiatan "Silaturahmi Budaya Bersama" yang diselenggarakan Komunitas Alinea Baru (29/09/2018) di Sasana Krida Karang Taruna Kelurahan Petukangan Selatan, Jalan kemajuan no. 27 A Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan tampak familliar.

Hadir beberapa pelaku seni musik, tari, sastra, teater, seni rupa. Acara digagas Ahmad Setyo Bae, bertepatan dengan ulang tahunnya.

Komunitas Alinea Baru Membedah "Silat Beksi"Dalam Persfektif Seni Pertunjukan

Beksi merupakan seni bela diri, bagian dari khazanah budaya Betawi dengan lokalitas kekinian. Beksi di Petukangan dikenalkan oleh Hadji Godjalih, salah seorang tokoh Petukangan dan mantan Kepala Kelurahan. Menelorkan para "pejuang" Silat Beksi, antara lain Haji Hasbullah, Kong Noer, Kong Simin, Mandor Minggu.

Baba Dasik Aripin "peretas" pertama Sanggar Silat Beksi Dasar Hadji Godjali mengatakan bahwa pada 28 Oktober 2018 akan menampilkan "Silat Beksi" di Festival Koreo Silat Anak Yogya di hadapan Paku Alam.

Selain pembacaan puisi oleh beberapa penyair, silaturahmi diisi dengan aksi seni bela diri Beksi dan komentar peserta terkait seni pertunjukan budaya lokal, literasi hingga ke ranah rumah produksi.

Disampaikan oleh Putra Gara, Rd Nanoe Anka, Ireng Halimun, Eddy Pramduane, Ade Novi, Rik A Sakri, Abdul Aziz, Prasetyo Hadi, Yahya Andi Saputra, Nasir Mupid.
Mayoritas yang hadir eks seniman Bulungan dengan perform gaek dan pelaku "Silat Beksi". Makan nasi uduk dengan lauk telor, jengkol, tahu, kentang di lantai dengan lapisan daun pisang merupakan bagian dari kekeluargaan.

"Selamat ulang tahun Bung Ahmad Setyo Bae serta Alinea Baru-nya. Sampai bertemu di launching antologi puisi "Kutulis Namamu Di Batu" ujar Nanang R Supriyatin (Penyair-Birokrat)

Kegiatan tersebut di tutup dengan pembacaan puisi "Bibir Dalam Jas Hujan" oleh sketsais Ireng Halimun di malam minggu yang sendu.

(Eva Andryani)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM