Home » » Babinsa Bantu Masyarakat Perbaiki Saluran Irigasi

Babinsa Bantu Masyarakat Perbaiki Saluran Irigasi

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Sabtu, 06 Oktober 2018 | 20.47

Bidikfaktamcom- Magelang - Irigasi merupakan sarana sangat penting untuk mengairi areal persawahan yang akan ditanami padi, dengan suplai air yang cukup tentunya tanaman padi akan tumbuh dengan subur sehingga dapat meminimalisir petani merugi akibat gagal panen.

Kondisi saluran irigasi yang ada saat ini banyak yang rusak  dan bocor karena sudah lama tidak diperbaiki dan rusak karena dilobangi ketam/Yuyu, untuk itu masyarakat melaksanakan kerja bhakti dengan harapan pada saat musim penghujan nanti saluran irigasi bisa berfungsi dengan baik.

Melihat kondisi sistem pengairan sawah di desa binaannya yang kurang memadai, anggota Koramil 15/Dukun Serda Agus Susilo bersama dengan masyarakat Dusun Kwayuhan Duwur Desa Wates Kecamatan Dukun melaksanakan kerja bhakti perbaikan saluran irigasi, tujuannya adalah untuk memperlancar pengairan agar air bisa sampai ke sawah saat musim kemarau dan tidak meluap pada saat musim penghujan dan air bisa dipergunakan untuk mengairi sawah dengan sebaik-baiknya. (07/10).

Pada kesempatan tersebut babinsa mengajak masyarakat pemilik lahan dan anggota kelompok tani di desa binaannya untuk bergotong-royong bersih-bersih sungai.

"Dengan gotong royong pekerjaan yang berat akan menjadi ringan, sekaligus kegiatan ini dapat meningkatkan kerukunan dan semangat kebersamaan" ujarnya.

Sedangkan Komandan koramil 15/ Dukun Kapten Inf. Rahayu pada kesempatan terpisah mengatakan bahwa babinsa harus selalu dekat dengan masyarakat dan bisa membantu kesulitan warga desa binaannya.

"Saya selalu menekankan kepada para Babinsa agar benar-benar peduli terhadap kondisi di wilayahnya, terutama wilayah yang memiliki lahan pertanian luas, karena secara otomatis sebagian besar warganya pasti sebagai petani" tutur Danramil.

Jika mengetahui ada jaringan irigasi yang tidak memadai, segera koordinasi dengan kelompok tani untuk segera dilaksanakan kerja bakti. Kalau memang membutuhkan bantuan tenaga, ajukan ke Koramil dan pasti akan dibantu, imbuhnya.

Semwntara Nanang (37) selaku Kepala Dusun Kwayuhan Duwur mengatakan bahwa kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan oleh babinsa ini sangat positif sekali karena masyarakat menjadi lebih akrab dan warga merasa sangat terbantu, semangat gotong royongnya juga semakin baik. 

"Kami sangat berterimakasih, Semoga kedepan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan di dusun - dusun lain sebagai salah satu bentuk upaya mendukung program ketahanan pangan" kata Nanang  .( pendim)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM