Home » » Babinsa - Bhabinkamtibmas Patroli Daerah Rawan Kebakaran

Babinsa - Bhabinkamtibmas Patroli Daerah Rawan Kebakaran

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Sabtu, 06 Oktober 2018 | 01.16

Bidikfakta.com- MAGELANG --- Dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan, Babinsa Koramil 08/Pakis Kodim 0705/Magelang bersama-sama dengan Bhabinkamtibmas Polsek Pakis, Polisi Hutan dan Warga masyarakat Dusun Kesingan Desa Kenalan melakukan patroli antisiapasi serta pencegahan pembakaran hutan dan lahan kawasan Tanaman Nasional Gunung Merbabu maupun lahan yang rawan terjadi kebakaran, Sabtu (6/10).

Memasuki puncak musim kemarau saat ini, kekeringan terjadi dimana-mana melanda di seluruh daerah. Tak terkecuali daerah kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu yang berada di wilayah Kecamatan Pakis Kabupaten mengalami hal serupa.

Situasi yang ada saat sekarang dapat dengan mudah akan timbulnya kebakaran hutan. Kebakaran hutan yang secara disengaja maupun tidak disengaja, semua harus diantisipasi dan dicegah, guna menghindari kerugian yang amat besar terhadap hutan, karena hutan merupakan sumber kehidupan manusia. 

Danramil 08/Pakis Kodim 0705/Magelang Kapten Cpl Bambang Masrukin menuturkan jika Koramil 08 Pakis dalam setiap pelaksanaan Patroli Karhutla (Pembakaran Hutan Dan Lahan) bersama Polsek, Polhut dan masyarakat selalu memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar untuk bersama-sama ikut peduli dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu wilayah Kecamatan Pakis, khususnya di titik titik tertentu yang rawan dengan kebakaran.
Patroli Karhutla dilakukan secara terus menerus bersama warga yang peduli dengan kebakaran hutan dan lahan. Pada kesempatan kali ini kegiatan patroli Karhutla dilaksanakan di wilayah Desa Kenalan.

Perintah untuk melaksanakan patroli ke setiap wilayah terkait Karhutla sudah dilakukan setiap hari. Bahkan Babinsa (Bintara Pembina Desa) sebagai petugas terdepan wajib melaporkan terkait adanya titik api di desa binaannya kepada Danramil. 

"Kita juga sangat bersyukur, hingga saat ini di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu wilayah Kecamatan Pakis, khususnya Desa Kenalan belum ditemukan adanya titik api. Kendati demikian, kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mempertahan kondisi ini. Jangan ada lagi masyarakat membuka kebun dengan melakukan pembakaran lahan," terang Danramil 08/Pakis. (*)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM