Home » » Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Gelar Deklarasi Cuci Tangan Pakai Sabun

Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Gelar Deklarasi Cuci Tangan Pakai Sabun

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Senin, 29 Oktober 2018 | 15.32

Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Gelar Deklarasi Cuci Tangan Pakai Sabun

Kota Tasikmalaya,bidikfakta.com

Ratusan  pelajar begitu antusias mengikuti acara  memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia dan Deklarasi Cuci Tangan Pakai Sabun yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya bertempat di Taman Kota Tasikmalaya,29/10.

Tampak hadir Walikota Tasikmalaya Drs.H.Budi Budiman, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr.H.Cecep Z Kholis,M.Kes, Kabid Promkes Dinkes Kota Tasikmalaya dr.H.Sarwono, Kepala Puskesmas Se-Kota Tasikmalaya ,para Direktur Rumah sakit dan para tamu undangan lainnya.

Kabid  Promkes Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Sarwono mengatakan dalam sambutannya Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan suatu intervensi kesehatan yang sederhana dan murah dalam mengurangi penularan berbagai macam penyakit khususnya penyakit yang berbasis lingkungan seperti diare, flu burung, kista, kecacingan, infeksi saluran pernafasan lain, hepatitis dan folio pada balita, praktek CTPS dipandang efektif untuk mencegah penularan penyakit menular. Ternyata praktek ini belum merupakan perilaku yang biasa dilakukan sehari-hari oleh masyarakat pada umumnya dan lingkungan sekolah pada khususnya. Meskipun sudah banyak yang sudah biasa mencuci tangan, namun pemahaman akan pentingnya penggunaan sabun dan air mengalir belum sepenuhnya diterapkan," Tandasnya

dr.Sarwono menambahkan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia diperingati setiap tanggal 15 Oktober dan hari ini Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya menggelar ajakan ke masyarakat untuk Cuci Tangan Pakai Sabun, sekaligus penggalangan komitmen dengan dunia usaha dan para ormas yang mendukung program-program kesehatan di Kota Tasikmalaya.Pungkas dr.Sarwono.

Hal senada diungkapkan Walikota Tasikmalaya Drs.H.Budi Budiman mengatakan Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia merupakan bentuk nyata program kerja Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya pada masyarakat terutama anak-anak agar terhindar dari berbagai penyakit penyebab kematian.

"Sebetulnya sangat sepele tetapi pentingnya cuci tangan pakai sabun meminimalisir 70 persen bersih dari kuman Seperti virus diare dan infeksi saluran pernapasan akut yang sering menjadi penyebab kematian anak-anak serta penyakit hepatitis, tipes dan flu burung," Ujar Walikota.

Walikota menambahkan gerakan cuci tangan pakai sabun merupakan cara mudah dan tidak perlu biaya mahal membiasakan cuci tangan pakai sabun sama halnya dengan mengajarkan anak-anak beserta anggota keluarga untuk hidup sehat sejak dini. Dengan demikian Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tertanam dalam pribadi anak-anak dan anggota keluarga lainnya.kita membiasakan diri untuk lebih sehat dan cuci tangan pakai sabun karena sehat dimulai dari diri kita sendiri". Pungkas Walikota.

Diakhiri acara Walikota Tasikmalaya beserta para tamu undangan mengikuti Deklarasi Cuci Tangan pakai sabun dengan cara membubuhkan dua telapak tangan ke bentangan kain serta mencuci tangan tersebut dengan sabun.

DEDE .KH

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM