Home » » ITL Trisakti Siap melayani Pembelajaran Pada Generasi Milenial

ITL Trisakti Siap melayani Pembelajaran Pada Generasi Milenial

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Senin, 01 Oktober 2018 | 22.02

Bidikfakta.com- Jakarta, Rektor Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti DR. Ir. Tjuk Sukardiman mengajak awak media berbincang- bincang santai membahas mengenai Industri 4.0 bertempat di ruangan Rektor kampus ITL Trisakti (1/10/2018).

Pada kesempatan tersebut Rektor memaparkan bahwa ITL Trisakti telah mencapai suatu proses yaitu untuk menyiapkan diri sebagi The World Class Institute.

"ITL Trisakti telah menyiapkan diri sebagai World Class Institut di dalam bidang transportasi dan logistik dengan cara pembelajaran digital dalam rangka melayani generasi/ mahasiswa milenial", ujarnya dihadapan awak media.

Menurut Rektor, ini semua dalam rangka menyongsong dan telah berkembangnya industri 4.0 sehingga semua industri yang telah berbasis pada industri atau teknologi yang canggih dengan berbasis pada Big Data.

" Pertama kali mahasiswa harus diperkenalkan dengan yang kita namakan digital learning. Adalah suatu metodelogi yang menggunakan sistem online sehingga semua serba elektronik.

Termasuk electronic learning, electronic comunication, dan nanti betul- betul sebagai kampus digital, campus Institute Transportation and Logistic (ITL) Trisakti. Kemudian sarana dan prasarana sedang dibenahi terus diperbaharui dan dikembangkan antara lain tentang sistem administrasi akademik yang harus disiapkan untuk digital last, Jadi nanti semua serba digital", tutur Rektor.

" Bahkan kedepannya nanti proses pembelajaran serba digital, baik dalam cara belajar dan mengajarnya dan juga apabila dia mengunduh informasi- informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan teknologi transportasi dan logistik adalah dengan digital tadi.

Kemudian Sumber Daya Manusia (SDM) itu juga berorientasi dengan digital last learning metode. Artinya bahwa dia sudah mulai dari cara berfikirnya sampai dengan cara- cara bekerjanya sudah berbasis digital", imbuhnya.

Rektor menambahkan bahwa ITL Trisakti ini sedang menyiapkan dan membangun laboratorium- laboratorium modeling transportasi yang berbasis digital.

 " Dan ini harus ada kerjasama antara ITL Trisakti dengan lembaga- lembaga baik dalam negeri maupun luar negeri dan bersifat colaboration.

Artinya melakukan kerjasama atau operasi secara saling menguntungkan, jadi artinya nilai- nilai tambahannya bisa kita ambil dan itu bersifat nasional maupun internasional. Oleh karena itu ITL Trisakti telah menjalin kerjasama dengan Universitas International baik di benua Eropa, Asia, Amerika, Inggris, Australia itu untuk membangun jejaring Institut yang berbasis pendidikan transportasi dan logistik," tegasnya.

" Dalam hal ini kita menyerap banyak mengenai pembelajaran tentang digital tadi . Kemudian tanpa kita sadari  ITL Trisakti adalah satu- satunya di Indonesia dan tidak menjadi bagian dari Universitas, juga tidak menjadi bagian dari Fakultas, tetapi berdiri sendiri sebagai Institut yang menggeluti studi di bidang transportasi dan logistik, mulai dari penelitian kemudian pengabdian kepada masyarakat dan juga masalah pendidikan di Institut ini.

Kemudian perbandingan praktek dan teori sangat tergantung dari pendidikannya, contoh kalau fakultas teknik harus melakukan praktek - praktek di laboratorium demikian juga dengan tingkat vokasinya 70% kegiatan di laboratorium. Sedangkan pada tingkat pascasarjana harus dibalik, 70% harus bersifat teori dan bahkan basic filosofi pengetahuan tentang transportasi dan logistik," pungkas Rektor.
(RD)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM