Home » » ITL Trisakti Menyelenggarakan Seminar Nasional "Railway Transportation as The Integrator Intermodal Transport In Jabotabek Area"

ITL Trisakti Menyelenggarakan Seminar Nasional "Railway Transportation as The Integrator Intermodal Transport In Jabotabek Area"

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Kamis, 29 November 2018 | 23.26

Bidikfakta.com- Jakarta, Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema "Railway Transportation System as The Integrator Intermodal Transport In Jabotabek Area" bertempat di Audiotorium lantai 7 ITL Trisakti, Kamis (29/11/2018).

Acara tersebut diawali pemaparan dari para perwakilan INKA, PT.KAI, PT.ADHI KARYA, PT.LEN RAILWAY SYSTEM, MASKA, PT.MRT, RAILINK serta perwakilan dari ITL Trisakti.

Turut hadir pada Seminar itu antara lain Dr.Bimo Prakoso,MPA,MSC (Ketua Yayasan Trisakti, Dr. Ir. Tjuk Sukardiman (Rektor ITL Trisakti), para Wakil Rektor ITL Trisakti, dosen serta mahasiswa dan para undangan lainnya.

Selain memberikan pemaparan, perwakilan Perusahaan Perkeretaapian juga melakukan penandatanganan MoU dengan ITL Trisakti dan sekaligus mempromosikan ITL Trisakti dalam penyelenggaraan pendidikan bidang keilmuan transportasi dan logistik.

ITL Trisakti juga memperkenalkan Program Studi barunya terdiri dari 3 fakultas dan 2 Direktorat, yakni Fakultas Manajemen dan Bisnis (Program Studi Sarjana Manajemen), Fakultas Science (Program Studi Transportasi dan Logistik), Fakuktas Tehnik (Program Studi Kedirgantaraan, Program Studi Kepelabuhanan dan Program Studi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan/Perkeretaapian), Direktorat Pascasarjana (Program Studi Manajemen Transportasi), Direktorat Vokasi (Program Studi D.III Manajemen Transportasi Udara, Manajemen Transportasi Laut dan Manajemen Logistik Material).

Bimo Prakoso saat ditemui disela acara mengatakan " Saya berterima kasih ITL Trisakti mengadakan Seminar ini karena ini penting sekali untuk negara kita, untuk mengejar ketinggalan- ketinggalan yang ada, dalam seminar ini kita hadirkan para ahli dan kita belajar banyak disini," ujarnya saat diwawancarai oleh awak media.

" Ini untuk diimplemetasikan nanti, supaya kita lebih sempurna, sebetulnya kita lebih dahulu dari orang lain, apalagi zaman Pak Jokowi sekarang ini pembangunan lebih dipercepat," terang Bimo saat ditanya mengenai seminar itu.

Saat yang sama Rektor ITL Trisakti, Dr.Tjuk Sukardiman menjelaskan bahwa ITL Trisakti memiliki kewjiban tugas menjadikan sumber daya manusia yang sangat kompeten ahli dalam bidang perkeretaapian di Indonesia ini.

" Sejalan dengan Pemerintah yang membangun sarana dan prasarana perkeretaapian luar biasa meningkatnya tidak hanya di pulau Jawa tetapi juga diluar Jawa seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Papua maka jelas kebutuhan SDM yang ahli dalam bidang perkeretaapian dibutuhkan sangat besar," paparnya.

" Oleh karena itu kami sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi ITL Trisakti akan menyediakan SDM tersebut sesuai dengan permintaan bangsa dan negara untuk pembangunan perkeretaapian sekarang dan kedepannya," tegas Rektor.

Menurut Rektor melalui pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi akan dilaksanakan sepenuhnya oleh ITL Trisakti dalam memenuhi SDM perekeretaapian di Indonesia ini.

Selain itu Juliater Simarmata selaku Warek IV mengatakan " pada kesempatan ini kami memberikan kepada semua komunitas perkeretaapian di Indonesia dengan harapan Prodi kita ini bisa memberikan kontribusi dan juga saat ini kita memberikan kepada seluruh anak bangsa yang tertarik di dunia transportasi dan logistik khususnya di bidang perkeretaapian kami berikan sebanyak 70 beasiswa penuh selama 4 tahun untuk anak- anak bangsa kita dan 100 beasiswa 50%, jadi siapapun nanti yang tertarik bekerja di sektor transportasi silahkan bergabung dengan ITL Trisakti," tutur Juliater.

Pada saat yang sama Ir.Soemino Eko Saputro,MM selaku Kaprodi Perkeretaapian ITL Trisakti menjelaskan bahwa " dalam rangka kita mendukung proyek pembangunan strategi nasional dimana di dalamnya ada perkeretaapian dan kita tahu dimana- mana sedang membangun perkeretaapian, maka ITL Trisakti mengambil sikap langsung mendirikan program pendidikan perkeretaapian dan inilah satu- satunya yang ada di Indonesia dan baru ada di ITL Trisakti," tutur Soemino.

 "Ini kurikulumnya berbeda dengan yang lain karena mereka dari awal masuk belajar mengenai perkeretaapian, semua dipadu menjadi satu sehingga mereka nanti pada waktu keluar dari ITL Trisakti ini sudah siap terjun ke masyarakat dan langsung bekerja di dunia perkeretaapian dan ini satu- satunya yang ada di Indonesia," pungkasnya.
(RD)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM