Home » » Temuan Hasil Survey Indopolling Periode Oktober 2018

Temuan Hasil Survey Indopolling Periode Oktober 2018

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Selasa, 06 November 2018 | 01.56

Temuan Hasil Survey Indopolling Periode Oktober 2018

BidikFakta.Com,Jakarta

Survey berlangsung di wilayah Jawa Barat dimana pengambilan data dilakukan selama periode 9-15 Oktober 2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan Multi Stage Random Sampling, Adapun jumlah sampel dalam survei ini sebesar 1200 responden pada tingkat kepercayaan 95% dan margin of error (MOE) sebesar : 2,8%. 

Wempy Hadir (Direktur lndopolling) memaparkan, jika pileg dilaksanakan hari ini, PDI P masih unggul dengan elektabilitas sebesar 19,5%. Disusul oleh Partai Gerindra (13,8%). Sementara Partai Golkar terpental di urutan ketiga dengan elektabilitas sebesar 9,2% dari yang sebelumnya berada di urutan kedua pada Pileg 2014. Elektabilitas partai lain secara berturut -turut adalah : PPP (4,7%); PKB (4,3%); dan Panai Demokrat 3,4%. Sementara elektabilitas partai lainnya masing-masing masih dibawah 2%. Potensi pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voters) masih tersisa sebesar 32,5%. 

Temuan elektabilitas Partai Gerindra yang saat ini berada di posisi kedua cukup mengejutkan dan membah peta konstalasi partai peserta pemilu di Jawa Barat. Tingginya elektabilitas Partai Gerindra mengkonfirmasi efek elektoral pencapresan Prabowo Sandi terhadap partai tersebut, ujar Wempy. 

"Dari temuan basil survey juga terlihat sebaran wilayah dukungan, dimana PDI-P cenderung menguasai Zona Wilayah Jabar Utara (Kab. Bekasi, .Kota Bekasi, Kab. Karawang, Purwakarta dan Subang) serta Zona Wilayah Jabar Timur (Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab. Indramayu, Kab. Kuningan, Kab. Majalengka dan Kab. Sumedang). Sementara Partai Gerindra terlihat unggul di Zona Wilayah Jabar Barat (Kab. Sukabumi, Kota Sukabumi,Kab. Bogor, Kota Bogor dan Kota Depok. Dua zona wilayah lain, wilayah Jabar Tengah (Kota Bandung, Kab. Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung Barat dan Kab Cianjur) serta wilayah 

Jabar Selatan (Kab.Garut, Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikamalaya, Kab. Ciamis, Kab Pangandaran dan kota Banjar) menjadi wilayah 
pertempuran (batle ground) antara PDI-P dengan Gerindra" lanjut Wempy. 
                                  


(Mulyadi)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM