Home » » Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Mandiri Dan Adiwiyata Nasional 2018

Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Mandiri Dan Adiwiyata Nasional 2018

Ditulis oleh : Unknown pada Jumat, 21 Desember 2018 | 03.08

PENYERAHAN PENGHARGAAN ADIWIYATA MANDIRI DAN ADIWIYATA NASIONAL 2018

BidikFakta.Com,Jakarta

Auditorium Dr Soedjarwo, Manggala Wanabakti Jakarta - 21 Desember 2018

Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional ini telah dilaksanakan ke 13 kalinya, sejak pelaksanaan pertama tahun 2006 yang lalu. Pada saat itu masih diselenggarakan dalam lingkup sekolah-sekolah di Pulau Jawa.  Penghargaan 2018 ini menggenapkan jumlah sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata menjadi  3871 sekolah, yaitu 727 sekolah Adiwiyata Mandiri dan 3144 Sekolah Adiwiyata Nasional.
 Program Adiwiyata adalah program untuk menciptakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, yang bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.  Empat komponen dalam program Adiwiyata adalah : kebijakan sekolah, kurikulum, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan,
Pada tahun 2018, 875 sekolah (terdiri atas 784 sekolah negeri dan 91 sekolah swasta) di 273 kota/kabupaten 32 propinsi  yang diusulkan oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional, 279 sekolah yang memenuhi kriteria dan berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional. Sedangkan untuk penghargaan Adiwiyata Mandiri, 314 sekolah (terdiri atas 290 sekolah negeri dan 24 sekolah swasta) dari 134 kota/kabupaten di 27 propinsi  yang diusulkan, 117 di antaranya berhasil mendapat predikat sekolah Adiwiyata Mandiri. 
Undangan terkait dengan penerima penghargaan  adalah kepala sekolah, Dinas Lingkungan Hidup  propinsi, Dinas Lingkungan Hidup kota/kabupaten, Dinas Pendidikan kota/kabupaten dan Kanwil Agama Kota/kabupaten yang terkait. 
Sedangkan tamu undangan laiinnya adalah Dewan Pertimbangan Adiwiyata yang terdiri atas unsur Kemdikbud, Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri , Akademisi, LSM, Pemerhati Lingkungan dan media; Para Penasehat Senior Menteri LHK; Tim Teknis Adiwiyata; Kementerian ESDM dan Kementerian Kesehatan. 
Dalam sambutannya Dr Ir Siti Nurbaya MSc, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan , menekankan pentingnya menerapkan prinsip Adiwiyata yaitu Edukatif.

(Eva Andryani)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM