Home » » JALASENASTRI SESKOAL ADAKAN PELATIHAN KETRAMPILAN MEMBATIK ECOPRINT

JALASENASTRI SESKOAL ADAKAN PELATIHAN KETRAMPILAN MEMBATIK ECOPRINT

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Jumat, 25 Januari 2019 | 23.50

Bidikfakta.com- Seskoal, 26 Januari 2019, -- Cabang Berdiri Sendiri (CBS) Jalasenastri Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) mengadakan pelatihan ketrampilan membatik Ecoprint yang diikuti oleh Ketua CBS Jalasenastri Seskoal Ny. Amarulla Octavian, Wakil Ketua CBS Jalasenastri Seskoal Ny. Tatit Eko Witjaksono, ibu-ibu Pengurus CBS Jalasenastri Seskoal, dan Pabinhar  Letda (S/W) Diah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Jalasenastri Dewi Sartika, Seskoal, Kebayoran Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat (25/01).

Pelatihan membatik Ecoprint yang dilaksanakan selama satu hari ini, bertujuan menambahkan ketrampilan dan kreatifitas  ibu-ibu CBS Jalasenastri Seskoal. Dalam acara ini peserta dapat mengetahui secara jelas bagaimana proses pembuatan batik Ecoprint baik secara tehnik dan cara membatiknya, san selanjutnya ibu-ibu CBS Jalasenastri Seskoal bisa menularkan ilmu yang didapat kepada ibu-ibu Jalasenastri yang lain dan juga dihatapkan dapat menambah penghasilan keluarga.

Membatik ecoprint ini merupakan tehnik cetak yang menggunakan pewarna alami. Tehnik yang digunakan sangat sederhana, dimana tidak melibatkan mesin atau cairan kimia. Tehnik ini sendiri bisa diaplikasikan pada bahan berserat alami seperti kain kanvas atau katun bahkan sutera, yang mampu menyerap warna dengan baik. Pencetakan yang ramah lingkungan ini dilakukan dengan menyerap pigmen dari tumbuhan untuk membuat warna yang menarik. Pewarnaan ini dilakukan dengan menimbulkan warna tertentu pada serat selulosa (kapas, linen) atau protein (sutra, wol) tanpa mewarnai benang secara merata.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM