Home » » Kasdim 0811 Tuban Bekali Wawasan Kebangsaan Kepada Anggota Satmenwa Baru

Kasdim 0811 Tuban Bekali Wawasan Kebangsaan Kepada Anggota Satmenwa Baru

Ditulis oleh : Unknown pada Minggu, 06 Januari 2019 | 19.01

Bidikfakta.com- Tuban- Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0811 Tuban Mayor Arh Teguh Prasetyo Wasis S.Sos, memberikan ceramah Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada peserta Pradiklatsar Satmenwa gabungan dari Universitas Ronggolawe, Universitas Sunan Bonang Tuban dan Universitas Muhammadiyah Lamongan, berlangsung di aula Unirow Tuban, Minggu (06/01/2019).

Dalam ceramahnya, Kasdim menjelaskan tentang empat konsensus dasar negara yang disebut empat pilar kebangsaan sebagai landasan dalam membangun Bangsa dan Negara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

"Sebagai warga negara semua memiliki hak dan kewajiban untuk membela negara sesuai dengan pasal 30 UUD 1945 yang kemudian diatur kembali dalam UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang pertahanan negara," jelas Kasdim.

Selain itu, Kasdim juga memaparkan tentang beberapa ancaman yang sedang dihadapi bangsa Indonesia diantaranya Narkoba/faham ideologi lain yang tidak sesuai dengan Pancasila dan pengaruh negatif lainnya yang setiap saat mengancam bangsa dan negara.

"Ancaman bangsa Indonesia berasal dari luar bukan dengan perang akan tetapi melalui Narkoba yang akan merusak generasi muda, jangan sekali-kali para siswa berniat untuk mencoba dan terjerumus ke dalam hal-hal negatif seperti Narkoba dan seks bebas," tegasnya

Kasdim menghimbau, sebagai generasi muda penerus bangsa harus fokus kepada hal-hal baik yang kita inginkan. Harus berani bermimpi dan berusaha mewujudkan mimpi itu, pantang menyerah dan jangan lupa berdoa.

Pada kesempatan itu pula Kasdim mengingat bahwa di Negara kita saat ini sedang terpengaruh dampak Proxy War (Perang Proxy).

"Pihak luar gampang sekali merusak generasi kita dengan memanfaatkan pihak ketiga sebagai perpanjangan tangan untuk meraih keuntungan besar dan meninggalkan kehancuran bagi bangsa kita," bebernya.

Menurut Kasdim, ada tiga sumber penyebab yang sering memincu terjadinya konflik yaitu energi, pangan dan air. Ini harus kita jaga dan waspadai agar Indonesia tidak dirusak oleh pihak luar karena terjadi perebutan tiga sumber penyebab konflik tadi. 

"Terus jaga kebhinekaan, jauhi Narkoba, tetap menjaga persatuan dan kesatuan demi tetap tegaknya NKRI, dengan cara terus melihat ancaman-ancaman yang ada disekitar kita," pesan Mayor Arh Teguh Prasetyo Wasis S.Sos mengakhiri ceramahnya.

Rektor Unirow Tuban, Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes memberikan ucapan terimakasih dan mengapresiasi kegiatan ini karena dapat meningkatkan jati diri para siswa sebagai generasi muda penerus bangsa dalam menangkal hal-hal negatif.

"Pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara ini sangat penting diberikan kepada para siswa, seiring maraknya tindakan intolenransi, perdaran Narkoba, Radikalisme dan mulai lunturnya rasa nasionalisme," tuturnya. (Hen's).

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM