Home » » Kodam Jaya Gelar Upacara Rutin Hari Senin, Pendam Jaya Sukses Sebagai Penyelenggara

Kodam Jaya Gelar Upacara Rutin Hari Senin, Pendam Jaya Sukses Sebagai Penyelenggara

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Senin, 07 Januari 2019 | 04.34

Bidikfakta.com-Kodam Jaya – Cililitan. Penerangan Kodam (Pendam) Jaya sukses sebagai petugas penyelenggara upacara bendera rutin Hari Senin yang dilaksanakan di Lapangan Jayakarta, Kodam Jaya, Cililitan, Jakarta Timur, Senin (7/1/19).

Kesuksesan ini berkat latihan atau geladi yang dilakukan sejak Jumat (5/1) hingga sesaat sebelum pelaksanaan upacara. Setiap petugas upacara, mulai dari pengucap Sapta Marga sampai Komandan Upacara (Danup) dapat memerankan tugasnya masing-masing dengan baik.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Staf Ahli Pangdam Jaya Bidang Operasi Militer Perang (OMP) Kolonel Inf Kukuh Hartono, Komandan Upacara (Danup) Kasipensat Pendam Jaya Mayor Inf Saliman, Perwira Upacara (Paup) Kaurpenmedlek Pendam Jaya Kapten Czi E. Robertus Triyono dan pengucap Sapta Marga Serda Ahmad Ali.

Seperti satuan TNI lainnya, Kodam Jaya juga menggelar upacara rutin setiap hari Senin, tanggal 17 setiap bulannya dan upacara hari besar/bersejarah lainnya yang bertujuan menumbuhkan disiplin, semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan bangsa untuk mendukung pembagunan nasional. "Upacara bendera mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Saat menghormat kepada bendera dengan iringan lagu Indonesia Raya, bila kita berdisiplin, maka hati akan bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya," ujar Irup seusai upacara.

Menurutnya, upacara bendera juga mengajarkan untuk mengenang jasa dan mendoakan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. "Makna lain dari upacara bendera bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia," pungkas Irup.

Sebagai kegiatan tambahan usai upacara bendera, seluruh kelompok upacara mulai dari Kompi Pamen, Pama, Bintara-Tamtama dan PNS melaksanakan defile di depan Makodam Jaya. Latihan defile ini rutin dilakukan setiap selesai upacara untuk melatih kekompakan dan kebersamaan dalam baris-berbaris.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM