Home » » Potensi Sapi Perah Menjanjikan Babinsa Manisrenggo Dekati Pemiliknya

Potensi Sapi Perah Menjanjikan Babinsa Manisrenggo Dekati Pemiliknya

Ditulis oleh : Unknown pada Jumat, 25 Januari 2019 | 23.05

Bidikfakta.com- Kodim Klaten – Sapi perah merupakan sapi yang dikembangbiakan secara khusus untuk diambil susunya karena kemampuannya yang dapat menghasilkan susu dalam jumlah besar.

Budi daya sapi perah sangat menguntungkan bila mengerti dan mau melakukan arahan sesuai dengan aturan pemeliharaan sapi perah.

Melihat potensi ternak sapi perah yang menjanjikan ini, Babinsa Koramil 12 Manisrenggo Serda Ali memantau langsung ternak sapi perah milik Ihsan Desa Kepurun Kecamatan Manisrenggo, Sabtu (26/01/19).

Sapi penghasil susu dan sapi khusus daging tidak memiliki perbedaan mencolok dengan induk yang sama dapat digunakan untuk menghasilkan sapi yang menghasilkan susu (sapi betina) maupun daging (umumnya sapi jantan). Saat ini pengembangbiakan sapi lebih terspesialisasi dengan seleksi buatan untuk mendapatkan sapi varietas khusus yang mampu menghasilkan susu dalam jumlah besar.

Dalam pemeliharaan sapi perah lokasi kandang yang ideal juga turut berperan. Menurut Bapak Ihsan pemilik sapi perah "jarak kandang sapi perah dari rumah kurang lebih 10 meter dan harus terkena sinar matahari agar kesehatan sapi semakin terjamin" tuturnya.

Pakan yang diberikan untuk ternak sapi ini bisa berupa jerami, daun jagung, dedaunan, rumput gajah dan rumput raja. Semua makanan hijau tersebut diberikan pada siang hari setelah pemerahan.

" sapi yang sedang menyusui memerlukan pakan tambahan sekitar 25% makanan hijau dan konsentrat. Makanan hijau atau rumput sebaiknya ditambahkan kacang-kacangan dan juga sapi harus diberi tambahan air minum perhari sekitar 10% " kata ihsan

Tidak hanya itu, kandang harus sering dibersihkan setiap hari untuk menjaga kebersihan dan agar sapi terhindar dari penyakit. Kotoran sapi perah dipisahkan di tempat lain agar terjadi fermentasi agar bisa dijadikan pupuk kandang yang bagus untuk tumbuhan,imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Serda Ali sangat memperhatikan penjelasan ihksan, dia juga berpesan agar keberhasilan sapi perah yang dilakukan iksan di manfaatkan dengan baik baik dan jangan lupa untuk gemar menabung untuk hari tua.(Pendim 0723/Klaten)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM