Home » » Program Green Hospital di RSPAU dr. S.Hardjolukito

Program Green Hospital di RSPAU dr. S.Hardjolukito

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Selasa, 08 Januari 2019 | 21.49

Liputan : Djaka Kumara

RSPAU dr.S.Hardjolukito melaksanakan penanaman pohon secara simbolis mengawali program green Hospital, Rabu, (9/1/19). Tuntutan kebutuhan pelayanan dari pelanggan rumah sakit telah bergeser ke arah pelayanan paripurna dengan berbasis kenyamanan dan keamanan lingkungan rumah sakit. Oleh karena itu, rumah sakit hendaknya mampu memberi perlindungan dan kenyamanan bagi pasien dan pengunjung lainnya untuk memenuhi unsur kenyamanan ekologis sebagai pertimbangan pasien dalam pemilihan rumah sakit. 

Kebijakan Green Hospital merupakan jawaban pergeseran tuntutan kebutuhan mutu pelayanan RS bagi masyarakat. Sayangnya, kebijakan itu belum banyak diterapkan di Indonesia. Investor rumah sakit di perkotaan khususnya pada umumnya memiliki keterbatasan lahan fisik, sehingga rumah sakit dibangun dengan kecenderungan mengabaikan unsur lingkungan hijau dengan hanya mengkonsentrasikan pemanfaatan penggunaan lahan untuk bangunan secara maksimal. 

Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito Marsma TNI DR.dr.Isdwiranto Iskanto.Msc.,Sp.BS.,Sp.KP kepada bidikfakta.com mengatakan bahwa "Hadirnya kebijakan Green Hospital bagi RSPAU  akan menjadi ciri khas sekaligus model pembangunan berkelanjutan untuk industri rumah sakit bahwa mengelola RS tidak hanya pada orientasi bisnis semata. Kebijakan itu diharapkan akan memberi kontribusi bagi peningkatan kualitas udara di dalam rumah sakit khususnya dan di wilayah Yogyakarta pada umumnya".Terkait hal itu, lahan RSPAU yang seluas 4,5 H meter persegi saat ini telah dimanfaatkan untuk ruang terbuka dan sisanya untuk bangunan.

"Akan tetapi, pemanfaatan penataan bangunan itu dinilai belum memenuhi kaidah perencanaan induk yang mengakomodir berbagai fungsi program dan fungsi kegiatan RS yang efisien. "Kami akan menambah ruang terbuka hijau dengan memperbanyak Pepohonan, "papar Ka RSPAU. 

Implementasi kebijakan green hospital, lanjutnya, adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan di RSPAU itu memakai pendekatan appreciative inquiry (AI) yaitu Melahirkan sikap terbuka, saling menghargai dan tidak saling tuding, lempar tanggung jawab dan mencari kambing hitam.

"Hal ini terlihat dengan hadirnya seluruh staf RSPAU dr.S.Hardjolukito dalam kegiatan kali ini, "pungkasnya.

Humas RSPAU Mayor Agung R menambahkan green hospital concepts bertujuan untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan dan memiliki usaha untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan.

"Selain itu dengan menerapkan green hospital concepts proses penyembuhan pasien menjadi sangat ideal, kesehatan pengguna internal dan external tetap terjaga. Dengan green hospital concepts juga ruang-ruang yang sehat, alami, dan ramah terbentuk mendukung seluruh kegiatan yang ada pada rumah sakit tersebut, "ujarnya.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM