Home » » Sambut Hari Dharma Samudera 2019, Pangkoarmada I Lepas Bhaksos TNI AL Peduli Tsunami Banten Dan Lampung

Sambut Hari Dharma Samudera 2019, Pangkoarmada I Lepas Bhaksos TNI AL Peduli Tsunami Banten Dan Lampung

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Senin, 07 Januari 2019 | 04.44

Bidikfakta.com- Jakarta, 7 Januari 2019,-- Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera 15 Januari 2019 yang mengangkat tema "Dengan Semangat Pertempuran Laut Aru Kita Wujudkan Terciptanya Pengendalian Wilayah Pertahanan Laut Yang Tangguh", Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan Kadispotmar Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H., M.Tr (Han) melepas Bantuan Kemanusiaan dan Pemberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Bencana Alam ke Banten dan Lampung bertempat di Mako Koarmada I, Jakarta Pusat, Senin (7/1).

Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai bagian dari tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), TNI Angkatan Laut berkewajiban untuk turut serta dalam melaksanakan kegiatan penanganan dan penanggulangan bencana alam khususnya kejadian bencana alam tsunami yang melanda daerah Banten dan Lampung pada 22 Desember 2018 lalu. Tugas dan kegiatan ini menuntut kesigapan TNI AL yang diwujudkan dalam bentuk operasi bantuan kemanusiaan berupa pemberangkatan satuan tugas bencana alam dan pengiriman bahan kontak ke Banten dan Lampung. 

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama beberpa hari kedepan dengan menggunakan jalur darat dari Jakarta dalam hal ini Koarmada I yang mengangkut bahan bantuan berupa sembako, obat-obatan dan bantuan lainnya yang sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita di Banten dan Lampung. Selain bahan bantuan dari TNI Angkatan Laut, juga terdapat mitra antara lain Bank BRI, BNI, Mandiri, SCTV dan Indosiar serta beberapa relawan dari relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT), PT. Pos Indonesia, serta para donatur lain yang ikut bergabung dalam Satgas ini. Kegiatan kemanusiaan ini diharapkan akan mempererat Kemanunggalan TNI dan Rakyat dengan baik.

TNI Angkatan Laut menggelar kegiatan Bakti Sosial ditiga tempat yakni di Panimbangan Pandeglang Banten, Tanggal 7 - 9 Januari 2019 dengan kegiatan Pelayanan Kesehatan Pengobatan Umum 500 Pasien dan Penyerahan Bahan Kontak Sembako sebanyak 1.500 Paket Sembako. Sedangkan di Kalianda Lampung, Tanggal 7 - 9 Januari 2019 dengan kegiatan Pelayanan Kesehatan Pengobatan Umum 500 Pasien dan Penyerahan Bahan Kontak Sembako sebanyak 2.500 Paket Sembako. Sementara itu, di Tual Maluku, Tanggal 13 - 16 Januari 2019 dengan kegiatan Pengobatan Umum 500 Pasien, Penyuluhan Kesehatan, dan Khitanan Massal 300 orang, Penyerahan Bahan Kontak Sembako 1.500 Paket Sembako, Komsos Keluarga Besar TNI Angkatan Laut dan Komsos Sekolah (Pembekalan), Penyerahan Perlengkapan Sekolah, Penyerahan Kitab Suci Alquran dan Alkitab, Pemutaran Film Dokumenter TNI AL, serta Penyerahan Peralatan Olahraga.

Adapun tujuan dilaksanakan Baksos yakni terwujudnya Kemanunggalan TNI AL dan Rakyat dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat melalui Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan serta menumbuhkan cinta maritim dikalangan generasi muda. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai diantaranya terlaksananya pembinaan sumber daya manusia sebagai potensi demografi dalam membentuk alat juang yang tangguh, terlaksanakanya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir, terlaksananya Kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam mendukung kemampuan pertahanan semesta, dan terbentuknya karakter maritim generasi muda Indonesia dalam mendukung program pemerintah Poros Maritim Dunia.  

Dalam penyaluran bantuan Logistik Baksos TNI AL tersebut, Koarmada I mengerahkan 10 unit truk dengan membawa berbagai material logistik yang telah dikumpulkan di Posko Peduli Koarmada I Bencana Tsunami Banten-Lampung antara lain 4.000 paket sembako, 1.000 dus air mineral, 500 buah selimut, 10 set tenda lapangan, 30 dus pakaian layak pakai, dan obat-obatan, serta uang tunai dari DKM Hindah Tsari Ar-Rasyid Babelan Bekasi sebesar Rp. 9.585.000,- yang penyerahannya akan dilaksanakan secara simbolis kepada masing-masing pemerintah daerah setempat. Sementara Satgas Baksos di Wilayah Tual Maluku, TNI AL akan mengerahkan unsur KRI Makasar-590 dengan membawa 1.500 paket sembako, 500 dus air mineral, perlengkapan sekolah, perlengkapan olahraga, bahan kontak seperti Pamflet, Kalender TNI AL, serta Perlengkapan Ibadah. 

Untuk melaksanakan kegiatan Baksos ditiga wilayah ini, TNI AL mengerahkan kurang lebih 200 personel yang didukung oleh 3 unsur KRI, 10 unit truk dari Koarmada I, 10 truk dari Kormar, 2 truk dari Dispotmar dan Pangkalan Angkatan Laut Tual, serta puluhan Kendaraan Taktis guna memudahkan operasional di lapangan.

Kegiatan dihadiri oleh Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan Kadispotmar Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H., M.Tr (Han), Kepala Staf Koarmada I, Komjen Pol (Purn) Imam Sujarwo, Direktur SCTV, Komandan Lantamal III, Danpasmar I, Para Pejabat Utama Koarmada I, Para Mitra TNI AL (Bank BRI, BNI, dan Mandiri), SCTV Peduli, PT. Oasis, dan Indosiar Peduli.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM