Home » » SESKOAL TERIMA SOSIALISASI METODELOGI PENELITIAN DENGAN PROSEDUR ANALISIS DATA KUALITATIF DAN TEKNIK KODING MENGGUNAKAN SOFTWARE NVIVO 12

SESKOAL TERIMA SOSIALISASI METODELOGI PENELITIAN DENGAN PROSEDUR ANALISIS DATA KUALITATIF DAN TEKNIK KODING MENGGUNAKAN SOFTWARE NVIVO 12

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Senin, 07 Januari 2019 | 08.11

Bidikfakta.com- Seskoal, 7 Januari 2019, -- Seluruh Perwira Menengah (Pamen) dan PNS sederajat Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) menerima sosialisasi Metodelogi Penelitian dengan menggunakan Prosedur Analisis Data Kualitatif dan Teknik KodingSoftware NVIVO 12, yang secara resmi dibuka oleh Komandan SeskoalLaksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., di Kelas A Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Minggu (09/12).

 

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., menyampaikan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas penelitian dalam penyusunan tesis para Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal serta memudahkan para pembimbing dalam proses pembimbingan Tesis dan Kertas Karya Perorangan (2) Pasis Dikreg Seskoal nantinya dengan menggunakan Software NVIVO 12 dalam pengolahan data penelitian sehingga dapat memperoleh hasil analisis yang tepat.

 

Sosialisasi tersebut diberikan langsung oleh Prof. Agustinus Bandur, Ph.D dari Universitas Bina Nusantara dengan beberapa pembahasan antara lain : memasukan data primer dan sekunder yang hendak dianalisis, memahami analisis isi/analisis tematik kualitatif, membedakan validitas dan reliabilitas penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memahami Analisis Perbandingan (Contant Comaprative Analysis). NVIVO adalah suatu software yang biasa digunakan untuk penelitian kualitatif yang bertujuan untuk eksplorasi dan pemahaman data secara lebih mendalam. Data kualitatif bersifat mendalam dan rinci serta bersifat panjang-lebar. Analisis data kualitatif bersifat spesifik, terutama untuk meringkas data dan menyatukannya dalam suatu alur analisis yang mudah dipahami pihak lain. Sifat data ini berbeda dari data kuantitatif yang relatif lebih sistematis, terbakukan, dan mudah disajikan dalam format ringkas.

 

Turut serta dalam kegiatan tersebut para Direktur Seskoal, para Kepala Departemen (Kadep) Seskoal, dan seluruh Pamen serta PNS Sederajat Seskoal.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM