Home » » IKA SKMA Semangat Gerbang Mas Untuk Memulihkan,Menjaga Dan Melestarikan Lingkungan Harus Digelorakan Dan Ditularkan Kepada Masyarakat Luas

IKA SKMA Semangat Gerbang Mas Untuk Memulihkan,Menjaga Dan Melestarikan Lingkungan Harus Digelorakan Dan Ditularkan Kepada Masyarakat Luas

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Sabtu, 16 Maret 2019 | 01.28

IKA SKMA Semangat Gerbang Mas Untuk Memulihkan,Menjaga Dan Melestarikan Lingkungan Harus Digelorakan Dan Ditularkan Kepada Masyarakat Luas


Pada usia Kementerian kita yang ke 36 kali ini tentulah kita perlu meneguhkan langkah-langkah untuk mencapai hutan yang lestari yang memberikan kesejahteraan kepada rakyatnya. 

Mewujudkan kelestarian hutan dapat diaplikasikan dengan mempertahankan keberadaannya serta meningkatkan hutannya. Penanaman adalah salah satu upaya untuk meningkatkan hutan itu sendiri, meskipun banyak rangkaian kegiatan lain yang tentu harus mendukungnya. Sehingga benar, apa yang disampaikan Ketua Umum IKA SKMA tadi bahwa semangat Gerbang Mas untuk memulihkan, menjaga dan melestarikan lingkungan  harus terus digelorakan dan dapat ditularkan kepada masyarakat luas.

Saya sangat mengapresiasi gerakan rekan-rekan IKA SKMA yang melakukan gerakan masal bernama Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak atau yang di singkat Gerbang Mas ini. 

Apalagi Gerbang Mas ini dilaksanakan serentak hari ini di seluruh provinsi di Indonesia. Sungguh suatu aksi nyata untuk menancapkan bibit-bibit kelestarian lingkungan.


Hadirin sekalian dan rekan-rekanku IKA SKMA 
Penanaman adalah langkah penting, apalagi dilakukan secara masal dan serentak dengan jumlah yang cukup banyak pada lahan yang cukup luas pula tentunya. Kalau tanaman ini bisa dipastikan perannya dalam 10 sampai 20 ke depan tentu luar biasa penambahan tutupan hutan kita. Menjaga dan memelihara tanaman pada hari esok dan hari, bulan, dan tahun-tahun berikutnya adalah langkah krusial yang harus juga dilaksanakan pada saatnya. Saya sangat optimis, anggota IKA SKMA yang tersebar diseluruh Indonesia baik dari tingkat pusat maupun sampai tapak hutan dengan semangat jiwa korsanya akan dapat melakukan itu.

jikalau tanaman ini dipertahankan menjadi penutup lahan pada 10 hingga 20 tahun ke depan, tentulah tujuan Gerbang Mas untuk :

Menambah tutupan lahan untuk mencegah bencana banjir dan longsor;
Konservasi keanekaragaman hayati (biodiversity);
Penyerapan karbon untuk mengurangi dampak Global warming & perubahan iklim
Memulihkan kondisi lingkungan pada skala mikro
Mendukung pembangunan ketahanan pangan, energi, dan ketersediaan air bersih untuk kesejahteraan masyarakat melalui penanaman MPTS.
Tersebut dapat terwujud. Maka dipastikan akan membantu mengurangi banjir dan longsor serta penurunan kualitas lingkungan yang terjadi, atau setidaknya menghambat laju degradasi terhadap lingkungan dan hutan yang ada. Lanjutkan kegiatan ini serta kreasikan kegiatan serupa dan keberlanjutannya.

Semoga apa yang kita lakukan rekan IKA SKMA pada hari ini dapat mendatangkan manfaat dimasa datang baik bagi lingkungan kita maupun masyarakat yang ada disekitar. Kepada para sesepuh dan dewan pembina, terima kasih masih merelakan segalanya untuk ikut mewarnai SDM rimbawan-rimbawati khususnya dalam wadah IKA SKMA ini.

Semoga Allah SWT selalu memberikan bimbingan dan perlindungan kepada kita semua. Aamiin.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM