Home » » Jalin Sinergitas TNI AL Dengan Masyarakat, Denpom Lanal Cirebon Amankan Pelaksanaan Upacara Melasti Hari Raya Nyepi

Jalin Sinergitas TNI AL Dengan Masyarakat, Denpom Lanal Cirebon Amankan Pelaksanaan Upacara Melasti Hari Raya Nyepi

Ditulis oleh : redaksi bidikfakta pada Senin, 04 Maret 2019 | 06.37

Bidikfakta.com- Cirebon, 4 Maret 2019,-- Sebagai bentuk Sinergitas TNI Angkatan Laut dengan masyarakat, Denpom Lanal Cirebon dengan Komandan Kapten Laut (PM) Syaiful Anam, S.H., M.H., melaksanakan Pengamanan, Pengawalan dan Pengaturan Lalu Lintas (Pamwalturlalin) pada Upacara Melasti dalam rangka Hari Raya Nyepi yang dipimpin oleh Ketua PHDI (Persatuan Hindu Darma Indonesia) I Nengah Wiguna bertempat di Pura Agung Jati Pramana, Jalan Bali No. 4 Merbabu Asih, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat, Minggu (3/3). 

Upacara Melasti adalah kegiatan keagamaan Umat Hindu di Indonesia yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali dan merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Raya Nyepi. 

Upacara Melasti digelar untuk pensucian diri dengan menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan yang  dilaksanakan di pinggir  danau atau laut dengan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dan membuangnya ke  danau atau laut. Dalam kepercayaan Hindu, sumber air seperti danau dan laut dianggap sebagai air kehidupan (tirta amerta).

Adapun tujuan kegiatan keagamaan ini untuk proses Penyucian Pratima menyucikan sarana Persembayangan serta menyucikan Buana Alit dan Buana Agung menjelang pelaksanaan Catur Brata Penyepian tanggal 7 Maret 2019 (Tahun Baru Saka 1941).

Kegiatan diawali dengan bergeraknya iring-iringan rangkaian kendaraan roda empat yang dikawal oleh kendaraan Denpom Lanal Cirebon dari Pura Agung Jati Pramana menuju Pelabuhan Cirebon untuk melaksanakan prosesi Upacara Melasti oleh Umat Hindu se Wilayah III Cirebon.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM