Home » » Maraknya Anggota Satpam Tidak BerKTA , Polda Jawa Barat Lakukan Sidak Anggota Satpam Di Kota Tasikmalaya

Maraknya Anggota Satpam Tidak BerKTA , Polda Jawa Barat Lakukan Sidak Anggota Satpam Di Kota Tasikmalaya

Ditulis oleh : Unknown pada Selasa, 02 April 2019 | 16.21

Maraknya Anggota Satpam Tidak BerKTA , Polda Jawa Barat Lakukan Sidak Anggota Satpam Di Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya,bidikfakta.com

Makin banyaknya anggota satpam yang  tidak mempunyai KTA dan Sertifikat sejumlah anggota kepolisian dari Polda Jawa Barat melakukan sidak anggota Satuan Pengamanan (Satpam) yang bekerja di sejumlah BUMN dan perusahaan swasta di Kota Tasikmalaya. Selasa 02/04/2019

Sidak terkait keharusan anggota Satuan Pengamanan (Satpam) untuk mengikuti pelatihan dasar satpam dan memiliki sertifikat Gada Pratama serta harus mempunyai Kartu Tanda Anggota atau KTA.

Kasubag Diklat Satpam Binmas Polda Jabar Kompol Asep Kusnadi, mengatakan kunjungan Infeksi mendadak tersebut merupakan Program Polda Jabar untuk melaksanakan penertiban kepada Satpam yang ada di Jawa Barat, Apakah para Satpam di Kota Tasik sudah memiliki kualifikasi pendidikan satpam seperti gada pratama,gada madya dan gada utama, sidak ini sekaligus melakukan himbauan kepada para petugas satpam yang bekerja di perusahaan di wilayah Polres Tasikmalaya Kota untuk memiliki sertifikat Gada Pratama sebagai syarat menjadi petugas keamanan atau satpam.

Lanjut Kompol Asep Kusnadi sesuai peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007 tentang sistem pengamanan manajemen perusahaan/instansi pemerintahan, bahwa setiap petugas keamanan wajib memiliki sertifikat Gada Pratama karena Gada Pratama merupakan pelatihan dasar wajib bagi setiap calon petugas keamanan, dan bukan hanya memiliki badan yang bagus atau memiliki keahlian beladiri, namun harus memiliki sertifikat sebagai satpam."Tandas Kompol Asep kepada awak media.

Kompol Asep Kusnadi menambahkan setelah mengikuti pelatihan, sertifikat dikeluarkan oleh Polda Jabar. "Jadi sekarang bukan sembarang orang bisa menjadi seorang satpam, dihimbau kepada satpam yang belum memiliki sertifikat untuk tidak menggunakan seragam satpam. Sebab hanya yang sudah memiliki sertifikat minimal Gada Pratama yang berhak memakai seragam satuan pengamanan."ujar nya

Kompol Asep menegaskan bilamana sebagai pengguna jasa pengamanan satpan namun tidak memiliki keabsahan untuk satpam tersebut kami akan membekukan izin operasional perusahaan tersebut, bagi anggota satpam yang tidak memiliki legalitas keabsahan bisa silahkan mengikuti pelatihan untuk bisa berkordinasi dengan kepolisian, jika himbauan ini tidak dilaksanakan maka kedatangan kedua kalinya ada tindakan tegas. "Kita akan melucuti seragam Satpam, karena harus melalui pelatihan dan memiliki KTA dan  sertifikat Satpam," pungkasnya.

Inspeksi Mendadak ini dimulai di Kawasan Pemerintah Kota Tasikmalaya, Sejumlah Rumah Sakit Swasta dan Negeri, BUMN dan pusat Perbelanjaan di Kota Tasikmalaya.

DEDE . KH

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM