Home » » ABK KN Tanjung Datu 301 Latihan VBSS

ABK KN Tanjung Datu 301 Latihan VBSS

Ditulis oleh : Unknown pada Sabtu, 11 Mei 2019 | 07.43

Bidikfakta.com- Aceh, 11 Mei 2019 (Humas Bakamla) Dalam rangka operasi keamanan dan keselamatan laut luar negeri Bakamla - India Coast Guard, ABK kapal yang tergabung dalam Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) KN Tanjung Datu 301 melaksanakan Latihan Visit Board Search and Seizure (VBSS), diatas helideck kapal yang sedang Lego jangkar di Teluk Kruengraya, Sabtu (11/5/2019).
 
Latihan VBSS yang dipimpin Palaksa KN Tanjung Datu 301 Mayor Bakamla Perdin Saragih di ikuti enam personel URCL yang sudah terlatih dalam menembak, menyelam maupun kemampuan bela diri setelah mengikuti pendidikan Latsarmil di Markas Yonif 10 Mar/Satria Bhumi Yudha Batam.

Adapun tujuan latihan adalah sebagai penyegaran kemampuan personel URCL KN Tanjung Datu 301 dalam melaksanakan pemeriksaan kapal sesuai prosedur, kemampuan dalam perebutan kapal perompak dan kemampuan dalam pembebasan sandera.
 
Tim URCL juga dibekali pemantapan materi pelatihan yang meliputi, Mission Planning (penyusunan rencana), Climb (memanjat tangga diatas geladak kapal) dan Ship Movement (Latihan bergerak diatas geladak kapal).

Selain itu, juga dilaksanakan latihan peran parade bagaimana memberikan penghormatan atau salam kepada India Coast Guard yang nantinya menyabut kedatangan KN Tanjung Datu di Port Blair India. Tujuan dan sasaran dalam latihan ini adalah untuk memelihara, meningkatkan dan menguji kemampuan perorangan ABK KN Tanjung Datu 301 dalam mencapai kemampuan standard pelaut.
 
Komadan Kapal KN Tanjung Datu 301 Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono, S.H.,M.Si (Han) M.Mar.,mengatakan bahwa melalui pelatihan ini kemampuan personel terus terasah dan bermanfaat tidak hanya dalam operasi keamanan dan keselamatan luar negeri Bakamla-India Coast Guard saja tapi juga dalam operasi rutin Bakamla.

Autentikasi : Kasubbag Humas Bakamla Letkol Bakamla Mardiono

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM