Home » » Penjaga Peradapan,"Dari Polri Untuk Papua"

Penjaga Peradapan,"Dari Polri Untuk Papua"

Ditulis oleh : Unknown pada Senin, 13 Mei 2019 | 01.15

Pameran Foto,Penjaga Peradapan,"Dari Polri Untuk Papua"

Polri mengadakan pameran foto yang bertemakan Penjaga Peradaban "Dari Polri Untuk Papua". Acara pameran foto juga dihadiri oleh Kombes Pol. Gatot Repli Handoko S.IK selaku Kasatgas Humas, Kombes Pol. Drs. Mateus Fakriri S.IK selaku Wakaops Satgas Nemangkawi dan Kombes Pol. Dr. Eko di Sudarto selaku Kasatgas Binmas Noken, Karo PID Divhumas Polri Brigjen Pol Drs. Syahar Diantono M.Si, Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat. AKP. Purwadi,dan berserta Staff Humas Brigadir Pol. Adi Sucipto.

Acara ini dibuka oleh Karo PID Divhumas Polri Brigjen Pol Drs. Syahar Diantono M.Si dengan didampingi Oleh Kombes Pol. Gatot Repli Handoko S.IK selaku Kasatgas Humas, Kombes Pol. Drs. Mateus Fakriri S.IK selaku Wakaops Satgas Nemangkawi dan Kombes Pol. Dr. Eko di Sudarto selaku Kasatgas Binmas Noken.

Pada kesempatan ini tentunya khususnya pimpinan Polri sangat mengapresiasi pelaksanaan kinerja dari Operasi Nawangkawi Satgas Binmas Noken Polri. Kita bersama-sama sudah melihat pameran foto di Perpustakaan Nasional, ada sekitar 100 foto yang dihadirkan dalam pameran ini.

Foto mempunyai makna, saya mendengar tadi sangat terenyuh. Begitu mulianya tugas Binmas Noken Polri, menyentuh masyarakat, menggugah anak-anak, yang dulunya peternak, maupun petani yang tradisional sekarang sudah dibangkitkan. Hasilnya sekarang lebih banyak, ini adalah salah satu keberhasilan dari Operasi Khusus Nawangkawi Satgas Binmas Noken Polri.

Termasuk juga adik-adik kita disana (Papua), di foto sudah terlihat dari bagaimana raut wajahnya dan cerianya diberikan edukasi dari Satgas Binmas Noken Polri. Punya harapan yang sangat besar, sekarang diunggah semangatnya dan disentuh nanti pandangan kedepan akan lebih mudah.

Kita semua mengapresiasi kinerja daripada kalangan Operasi Khusus NemangkawiPapua Satgas Binmas Noken Polri, sangat berterimakasih seluruh jajaran telah melaksanakan baik dari TNI maupun POLRI. 

Kita sudah saksikan bersama tadi, prinsipnya sangat kuat pertama untuk Indonesia itu sendiri, pembangunan yang sekarang kita gelorakan diatas modern ini di satu sisi masih memiliki kekayaan tradisional yang mau tidak mau kita harus pertahankan, itu sebagai sebuah kekayaan bangsa. Peradaban yqng maju, tapi asa juga sisi tradisional yang luar biasa dan harus kita jaga. 

Kita berharap semua komponen bersama-sama mengisi sebuah pembangunan untuk mensejajarkan peradaban di Papua sana. Justru peradaban disana kita harus pertahankan sama halnya seperti di Jepang di satu sisi ada peradaban yang maju, dan disatu sisi ada peradaban tradisional yang harus dipertahankan. Pameran yang kita laksanakan tadi ini,  tujuannya adalah memberitahukan kepada dunia luar baik di level Nasional ataupun di level Internasional. Maka banyak sekali di level Internasional skeptisme terhadap peran pemerintah untuk Papua. Padahal kita ingin memperlihatkan Indonesia Timur khususnya Papua, banyak sekali peran pemerintah yang sudah dilakukan di Papua. Negara hadir untuk Papua dalam konteks yang berbeda.

Pesan berikutnya yang ingin untuk kita sampaikan bahwa kita masih perlu membangun sinergitas untuk lembaga Pemerintah, sangat berharap dibantu oleh lembaga nonkofeksional sepertu LSM. Banyak sekali hal-hal yang dikernakan disana tentunya tidak hanya di Papua saja, terutama diseluruh wilayah di tanah air. Tetapi esensi kenapa Papua begitu menarik, karena disana ada masalah kebangsaan yang harus kita bersama-sama kita sadari, bahwa masalah kebangsaan itu belum selesai. 

Tentunya kami sangat berharap pada pameran ini, pada hari Kamis tanggal 16 Mei 2019 nanti kita adakan talk show. Kita mengundang semua perwakilan dari Luar Negeri untuk turut hadir di acara tersebut. Kita berharap di event tersebut akan lebih jelas dan kuat komitmen pemerintah dalam hal ini POLRI untuk membangun peradaban di bumi Cendrawasih Papua, merupakan surga kecil yang diatas bumi itu nyata kita akan minta bantuan dari rekan-rekan media untuk bersama-sama menggelorakan itu tidak hanya Jakarta yang metropolitan itu, tapi Papua yang setidaknya ada spot-spot juga yang harus dibangun.

Kami sudah mengundang melalui Kementrian Luar Negeri, kita berharap semua perwakilan dari Luar Negeri yang ada di Indonesia khususnya di Jakarta, dan maupun dari Pasifik yang ada di Jakarta. Kita POLRI melalui jalur hubungan Internasional kita mempunyai komunitas yang bernama IFLAC yaitu Internasional Forum Law Informant Agency and Community, itu ada beberapa negara disini mempunya Law Informant seperti Kepolisian, Kejaksaan, Imigrasi mereka bergabung dan kita undang ke event tersebut. 

Kita berharap dengan antusiasnya program tersebut. Karena sekali lagi Papua itu dengan budaya nya, masa depan nya, prospek nya, maupun misterinya menarik sehingga kita bisa menyakinkan kepada publik.

Kita berharap hadirnya Milienial turut hadir dalam acara pameran dan talk show yang diselenggrakan pada hari Kamis depan.

Acara ini dibuka oleh Karo PID Divhumas Polri Brigjen Pol Drs. Syahar Diantono M.Si dengan didampingi Oleh Kombes Pol. Gatot Repli Handoko S.IK selaku Kasatgas Humas, Kombes Pol. Drs. Mateus Fakriri S.IK selaku Wakaops Satgas Nemangkawi dan Kombes Pol. Dr. Eko di Sudarto selaku Kasatgas Binmas Noken.

Eva/BidikFak.com

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM