Home » » Prajurit dan PNS Makostrad Peringati Nuzulul Qur’an dan Buka Puasa Bersama

Prajurit dan PNS Makostrad Peringati Nuzulul Qur’an dan Buka Puasa Bersama

Ditulis oleh : Unknown pada Rabu, 22 Mei 2019 | 22.29

Penkostrad. Kamis, 23 Mei 2019). Dalam rangka meningkatkan dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata'ala prajurit dan PNS Kostrad memperingati Nuzulul Qu'ran dan Buka Puasa bersama, bertempat di Masjid Asy-Syuhada, Markas Kostrad, Jakarta, Rabu (22/05/2019).

Dalam sambutannya, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr (Han), menyampaikan bahwa pada bulan Ramadhan ini, kita dapat mengambil banyak pelajaran, karena didalamnya ada pengampunan, barokah, Lailatul Qadar dan kemenangan. Berpuasa di bulan Ramadhan memiliki nilai pendidikan yang amat tinggi dalam pembentukan kesalihan seseorang. Sejak dari menahan hawa nafsu, membiasakan disiplin dan teratur, melatih kesabaran, melatih kekuatan fisik, bahkan juga menumbuhkan rasa kebersamaan dan persatuan.

"Dalam bulan Ramadhan ini kita juga dididik secara efektif untuk menjadi manusia yang memiliki kebersihan jiwa dan kepatuhan kepada ajaran Sang Pencipta. Lapar, dahaga dan letih di siang hari akan meneguhkan kesabaran dalam mentaati perintah Allah SWT. Semoga kita semua diberikan kekuatan iman, fisik yang prima, sehingga bisa menyelesaikan ibadah puasa dibulan Ramadhan ini dan kita dapat meraih kemenangan sebagai La'allakum Tattaquun, golongan orang-orang yang bertakwa," ujar Pangkostrad.

"Di bulan Ramadhan ini pula, Allah SWT menurunkan Al Qur'an pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW. Al Qur'an adalah petunjuk dan pedoman hidup utama bagi kita umat Islam, karena Al Qur'an memuat tentang tuntunan serta aturan hidup manusia dalam mencapai kebahagiaan, baik hidup  di dunia maupun di akhirat. Al Qur'an mengandung nilai-nilai yang berhubungan dengan keimanan, syariah dan akhlak  serta norma-norma yang mengatur tingkah laku dan tata cara hidup manusia, baik sebagai makhluk individual maupun sebagai makhluk sosial," tambah Pangkostrad. 
 
Pangkostrad mengajak kepada seluruh prajurit dan PNS Kostrad beserta keluarganya, agar dapat mengambil hikmah dari ibadah puasa di bulan Ramadhan dan peringatan Nuzulul Qur'an kali ini, yaitu pemantapan disiplin pribadi, mampu untuk selalu mengendalikan diri dan peningkatan kualitas keimanan serta ketakwaan kita kepada Allah SWT. 

Sementara itu, Bapak Ustaz Dr. KH. M. Hamdan Rasyid, MA, Dosen Pasca Sarjana Universitas Islam Jakarta dalam tausiyahnya mengatakan bahwa Al-Qur'an mempunyai fungsi membenarkan bahwa Nabi Muhammad SAW sebagai Rassululloh dan juga Al Qur'an sebagai petunjuk untuk seluruh umat manusia. Rajinlah membaca Al-Quran agar hati tenteram.

Lebih lanjut Ustaz Dr. KH. M. Hamdan Rasyid, MA, juga menjelaskan, asal usul dan sejarah serta fungsi Al Qur'an kitab suci agama Islam. Umat Islam percaya bahwa Al-Qur'an merupakan puncak dan penutup wahyu Allah yang diperuntukkan bagi manusia, dan bagian dari rukun iman, yang disampaikan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, melalui perantaraan Malaikat Jibril dan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada umatnya. Serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kaskostrad, Ir Kostrad, Koorsahli, Perwira Ahli, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, LO Udara, Kabalak Kostrad, Ketua dan Wakil Ketua serta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM