Home » » Naval Base Open Day Koarmada I Berlangsung Meriah Dibanjiri Pengunjung

Naval Base Open Day Koarmada I Berlangsung Meriah Dibanjiri Pengunjung

Ditulis oleh : Unknown pada Minggu, 28 Juli 2019 | 04.18

Bidikfakta.com- Jakarta, 27 Juli 2019,-- Koarmada I sukses menggeler Naval Base Open Day (NBOD) dalam rangka penutupan Navy Open Water Sports (NOWS) Tournament Tahun 2019 yang digelar di Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Sabtu (27/7).  

Kegiatan NBOD terbuka untuk umum diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya Pameran Alutsista dengan peserta Mabesal, Koarmada I, Kolinlamil, Seskoal, Kormar, Jalasenastri Koarmada I, RSAL, dan BRI. Selain itu, para pengunjung diberikan kesempatan untuk mengunjungi KRI (Open Ship) yang sedang sandar di Dermaga Sunda Pondok Dayung yakni KRI Sutedi Senoputro-376, KRI Bung Tomo-357, KRI Spica-934, dan KRI Halasan-630.

Sejak pagi hari terlihat ribuan pengunjung yang terdiri dari keluarga besar TNI Angkatan Laut, Siswa SMA/SMK, dan masyarakat umum sangat antusias hadir pada kegiatan NBOD tersebut. Saat tiba di Kesatrian Pondok Dayung, para pengunjung langsung disambut dengan makanan dan minuman gratis yang disediakan oleh Kopaska Koarmada I dan pembagian kupon makan gratis dari panitia. Para pengunjung juga disediakan angkutan odong-odong untuk menuju ke lokasi kegiatan NBOD.

Masyarakat sangat antusias dan merasa senang dapat hadir untuk melihat secara langsung dan dapat naik ke kapal perang yang selama ini hanya dapat dilihat di media televisi. Selain itu, masyarakat merasa sangat terhibur dan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh prajurit TNI AL yang semuanya serba gratis mulai dari makanan, minuman, hiburan, dan tidak kalah serunya adalah dapat mencoba menembak dengan senjata di Lapangan Tembak Kopaska.   

Pada kegiatan Naval Base Open Day (NBOD) dalam rangka penutupan Navy Open Sport Water Tournament (NOWS) dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) yang secara resmi menutup kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini punya banyak manfaat baik bagi prajurit TNI AL maupun atlet nasional yang tergabung dalam klub olahraga air, dan wadah membangun kecintaan maritim bagi generasi muda. Demikian diungkapkan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M, saat menutup kejuaraan yang digelar tiap dua tahun sekali tersebut. Kegiatan ini merupakan program TNI AL yaitu pembinaan potensi maritim, untuk membina karakter, kepribadian, disiplin, dan membangun kebersamaan melalui olahraga perairan.

"Atlet-atlet yang terlibat dalam NOWS ini merupakan tolak ukur pembinaan pengurus besar ataupun olahraga perairan lainnya bisa ditingkatkan lagi nantinya, khususnya prajurit TNI AL dan pemuda., yang diuji dalam turnamen baik yang diikuti prajurit TNI-Polri maupun klub-klub olahraga air", ujar Kasal.

Kegiatan ini diikuti 1560 atlet dan official dari berbagai satuan dan club olahraga perairan. Ajang ini merupakan bentuk membangun rasa cinta kebersamaan sebagai bangsa yang memiliki wilayah geografis yang besar, inilah wadah mewujudkan kebersamaan. Selain itu, menurutnya, penutupan pesta olahraga ini juga ditutup dengan Naval Base Open Day yaitu mengajak masyarakat mengenal lebih dekat TNI AL dengan mengunjungI Pangkalan TNI AL di Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta. Masyarakat bisa melihat secara dekat Alutsista milik TNI AL, dan ini sebagai bentuk kebersamaan antara TNI dan rakyat, dimana TNI itu dari rakyat untuk rakyat.

Menurutnya, Pondok Dayung nantinya menjadi pusat pelatihan atlet olahraga air baik untuk atlet daerah maupun nasional, pangkalan ini selain sebagai kekuatan pertahanan juga dipakai sebagai potensi maritim masyarakat yaitu sebagai pembinaan olahraga air.
Adapun hasil kejuaraan ini, Cabang Layar TNI AL Juara I diraih oleh Koarmada II dengan perolehan medali 5 emas dan 1 perunggu, Juara II Lantamal X Jayapura dengan perolehan medali 2 emas, 4 perak dan 2 perunggu, dan Juara III Koarmada III dengan perolehn medali 1 emas. Pada Kelas Open/Umum Juara I diraih oleh Kalimantan Timur dengan perolehan medali 3 emas, 2 perak dan 1 perunggu, Juara II DKI Jakarta dengan perolehan medali 3 emas, 2 perak dan 1 perunggu, Juara III Banten dengan perolehan medali 2 emas dan 3 perunggu. Pada Cabang Dayung TNI AL Juara I diraih oleh Kolinlamil dengan perolehan medali 2 emas dan 2 perak, Juara II Koarmada I dengan perolehan medali 1 emas dan 1 perunggu, Juara III dengan perolehan medali 1 emas. Pada Kelas Open/Umum Juara I diraih oleh POSSI Jawa Barat dengan perolehan medali 3 emas dan 1 perak, Juara II Kalimantan Selatan dengan perolehan medali 1 emas, Juara III Kormar dengan perolehan medali 2 perak dan 2 perunggu. Pada Cabang Ski Air TNI AL Juara I diraih oleh Kolinlamil dengan perolehan medali 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu, Juara II Koarmada II dengan perolehan medali 2 emas, 1 perak dan 2 perunggu, Juara III Kodiklatal dengan perolehan medali 1 emas dan 2 perak. Pada Kelas Open/Umum Juara I diraih oleh Jawa Timur dengan perolehan medali 4 emas, 3 perak dan 2 perunggu, Juara II DKI Jakarta dengan perolehan medali 2 emas, 5 perak dan 2 perunggu, Juara III Jawa Barat dengan perolehan medali 1 emas dan 2 perunggu. Pada Cabang Selam TNI AL Juara I diraih oleh Kormar dengan perolehan medali 2 emas, 3 perak dan 1 perunggu, Juara II Kodiklatal dengan perolehan medali 2 emas, 3 perak dan 1 perunggu, Juara III Koarmada II dengan perolehan medali 1 emas dan 3 perunggu. Pada Kelas Open/Umum Juara I diraih oleh POSSI DKI Jakarta dengan perolehan medali 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu, Juara II Kormar dengan perolehan medali 1 emas dan 1 perak, Juara III Koarmada III dengan perolehan medali 1 emas. Pada Cabang Jet Ski Open Juara I diraih oleh Puspomal dengan perolehan medali 1 emas, Juara II Koarmada II dengan perolehan medali 1 perak, Juara III Kogartab I Jakarta dengan perolehan medali 1 perunggu. Pada Cabang Jet Ski Junior Juara I diraih oleh Rafa, Juara II Fadlan, Juara III Sebastian.    
Tampil sebagai Juara Umum pada pergelaran Navy Open Water Sport Tahun 2019 yakni Kolinlamil ditandai dengan penyerahan Piala Tetap dan Piala Bergilir dari Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adjie, S.E., M.M., kepada Pangkolinlamil Laksamana Muda TNI Heru Kuswanto, S.E., M.M.

Untuk juara stand pameran dari 9 stand yang tergelar dengan kriteria penilaian keindahan, kerapian, komunikatif/info, kunjungan, dan keseriusan yang dinilai oleh Tim Juri terdiri dari Inspektorat Koarmada I, Koor Sahli Pangkoarmada I dan Aspotmar Pangkoarmada I keluar sebagai Juara I Stand Koarmada I  dengan nilai 7300, Juara II Stand Kormar dengan nilai 6900 dan Juara III Stand PD. Armada I dengan nilai 6600.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM