Home » » Pembukaan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Mahasiwa ITL Trisakti TA.2019 di PUSDIKZI TNI AD

Pembukaan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Mahasiwa ITL Trisakti TA.2019 di PUSDIKZI TNI AD

Ditulis oleh : Unknown pada Selasa, 23 Juli 2019 | 18.00

Bidikfakta.com- Jakarta, Dalam rangka pembentukan karakter serta pengembangan wawasan kebangsaan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Institut Transportasi dan Logistik (ITL Trisakti) menganggap perlu memberikan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) kepada para mahasiswanya.

Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang berlangsung dari tanggal 22- 26 Juli 2019 kali ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh ITL Trisakti dan bertempat di Markas Komando Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) Angkatan Darat, Bogor, Jawa Barat.

Upacara Pembukaan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara tersebut dibuka oleh Kolonel Czi Sapto Widi Nugroho, dalam amanatnya Sapto menjelaskan bahwa pentingnya Pendidikan Pendahuluan Bela Negara di era saat ini, apalagi dengan kemajuan teknologi dan informasi yang begitu pesat serta penguatan wawasan bela negara dan kebangsaan juga pembinaan mental dan karakter perlu diberikan kepada anak- anak dari usia dini hingga mahasiswa.

"Disini salah satu materi yang diberikan oleh Pusdikzi ini adalah pembinaan mental dan karakter, ini memang singkat waktunya sekitar 3 sampai 5 hari saja, tetapi ini atas dasar kesadaran mereka berada disini, disiplin itu butuh sedikit paksaan sehingga dengan cara itu diharapkan nanti akan tertanam dalam jiwa mereka bahwa bela negara itu penting", ujar Sapto saat diwawancarai oleh awak media usai upacara pembukaan, Selasa (23/7/2019).

Menurutnya di era digital ini kalau tidak punya kesadaran pribadi bahwa bela negara itu penting buat diri sendiri dan negara, maka itu akan berbahaya.

"Di era digital ini bisa saja mereka nanti malah mengirim rahasia- rahasia negara yang seharusnya tidak boleh sampai disebar kemana- mana, oleh sebab itu Pendidikan Pendahuluan Bela Negara ini sangat penting bagi mereka", tutur Sapto.

Saat yang sama Suparlan selaku Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan ITL Trisakti yang hadir pada PPBN tersebut mengatakan " melalui pendidikan bela negara ini mahasiswa akan mendalami sejumlah materi seperti Pancasila, wawasan kebangsaan dan membangun karakter, ini semua agar mahasiswa tidak terpengaruh dengan hal- hal yang bisa menjerumuskan mereka ke radikalisme", ujar Suparlan.

Menurutnya mahasiswa sekarang yang berada di era digital ini bisa dipengaruhi oleh hal- hal yang tidak baik seperti radikalisme.

"Tetapi apabila masuk kesini maka akan ada daya tangkal dan mereka akan menangkal, tidak bisa dipengaruhi begitu saja karena disini kita semua sama - sama membuat satu kekompakan dan satu kesatuan yang utuh serta berkelanjutan, ini yang memang kita harapkan nantinya dan belajar mereka pun baik karena tugas mereka belajar dan menyelesaikan studinya", pungkasnya.
(RD)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM