Home » » KULIAH KERJA IPTEK PERWIRA MAHASISWA DIKREG SESKOAL DI PUSLIT OSEANOGRAFI LIPI DAN PUSHIDROSAL

KULIAH KERJA IPTEK PERWIRA MAHASISWA DIKREG SESKOAL DI PUSLIT OSEANOGRAFI LIPI DAN PUSHIDROSAL

Ditulis oleh : Unknown pada Selasa, 20 Agustus 2019 | 05.46

Bidikfakta.com- Seskoal,19 Agustus 2019,-- Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-57 TA. 2019 sebanyak 150 Perwira Mahasiswa terdiri dari 138 Perwira TNI AL, 2 Perwira TNI AU, 2 Perwira TNI AD dan 8 Perwira Mancanegara (Australia, Korea Selatan, India, Malaysia, Pakistan, Thailand, Singapura dan Jepang) melaksanakan Kuliah Kerja Ilmu dan Teknologi di Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)  dan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) Jakarta, Senin (19/08).

Kegiatan dengan tema "Sinergi Lembaga Peneliti (LIPI) dan TNI AL dalam membina dan melestarikan potensi sumberdaya kelautan dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia" , bertujuan untuk meningkatkan wawasan Perwira Mahasiswa tentang perkembangan ilmu pengetahuan bidang oseanografi terkait potensi sumber daya kelautan serta menggali potensi sinergi antara Lembaga Penelitian (LIPI) dengan TNI/TNI AL dalam mendukung kegiatan penelitian, pengembangan, budi daya dan pelestarian sumber daya laut demi kelangsungan kehidupan bangsa di masa mendatang. 

"Dengan pembekalan mengenai riset dan hasil studi LIPI kelak para Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal diharapkan lebih peduli terhadap ekosistem biota laut dan ancamannya dari sampah plastik", ujar Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D.

Sementara itu Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Augy Syahailatua menyambut baik kerjasama dengan Seskoal dalam mendukung terhadap keberlangsungan Ekosistem hayati perairan Indonesia."Kami menyampaikan hasil penelitian dari ekspedisi pulau-pulau terluar di Indonesia terkait masalah sampah plastik serta perubahan iklim yang saat ini menjadi isu utama yang dihadapi ekosistem laut di Indonesia maupun dunia Internasional", ujar Augy.

Kegiatan diakhiri  dengan diskusi dan tanya jawab serta penyerahan cindera mata dilanjutkan kunjungan ke beberapa Laboratorium di Pusat Penelitian Oseonografi LIPI- Ancol Jakarta.

Seusai dari Pusat Penelitian Oseonografi LIPI- Ancol Jakarta, Komandan Seskoal dan rombongan berlanjut kunjungan ke Pushidrosal yang disambut hangat oleh Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H.,M.H. 

Saat kunjungan ke Pushidrosal,para Perwira Mahasiswa disuguhkan dengan berbagai informasi tentang perkembangan Iptek Hidro dan Oseanografi serta aplikasinya dalam mendukung proses penyusunan rencana strategi pertahanan Negara di laut.  Selain itu, para pasis juga harus dapat memahami proses produksi pemetaan dan memahami penerapan teknologi dalam mendukung produk-produk berbasis digital yang merupakan tuntutan dalam era revolusi industry 4.0 di bidang kemaritiman.
 
Turut hadir Direktur Pendidikan (Dirdik) Seskoal Kolonel Laut (P) Imam Musani, S.E., M.Si., Kepala Pusat Olah Yudha (Kapusoyu) Seskoal Kolonel Laut (P) Benny Febri, Kaopsjar Seskoal Kolonel Laut (P) Yanu Madawanto, Kepala Departemen Bidang Ilmu dan Teknologi (Kadep Iptek) Seskoal Kolonel Laut (T) Ferdy Hendarto Susilo, S.T., M.T., Para Patun Dosen Seskoal dan Para Pejabat Utama Pushidrosal serta tamu undangan lainnya.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM