Home » » Lanal Palembang Bersinergi Dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Laksanakan Pelatihan Selam Dasar Bagi FKPD

Lanal Palembang Bersinergi Dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Laksanakan Pelatihan Selam Dasar Bagi FKPD

Ditulis oleh : Unknown pada Senin, 05 Agustus 2019 | 16.08

Bidikfakta.com- Palembang, 5 Agustus 2019,-- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin laksanakan Pelatihan Selam Dasar bagi Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD) bertempat di Kolam Renang Tirta Randik Palembang, Minggu (4/8).

Pelatihan Selam Dasar berlangsung selama dua hari tanggal 3 hingga 4 Agustus 2019 dengan menghadirkan Pelatih dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Komando Armada I yang merupakan Satuan Khusus Penyelam TNI Angkatan Laut dibawah Komando Armada I yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan penyelaman dan penyelamatan bawah permukaan air. Dislambair Koarmada I terdiri dari Ship Diver, SAR dan Salvage Diver, MCM dan Demolition Diver serta Deep Sea Diver.

Selama dalam pelatihan, para peserta diberikan materi dan praktek selam diantaranya pengecekan dan pengisian peralatan dan tabung selam, teori serta pengetahuan alat selam, praktek pemanasan fisik di darat dan di air, praktek masker clearing dan snorkel clearing, praktek menyelam SCUBA dikedalam 1 meter - 2 meter, dan praktek menyelam dikedalaman 5 meter.

Menurut Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex bahwa pelatihan selam dasar bukan hanya bagi pemimpin daerah tapi lebih utama bagi para petugas penyelamat dan penyelam dari OPD terkait dan dari kelompok masyarakat yang dibutuhkan pada saat kondisi darurat seperti musibah korban tenggelam. 

Petugas penyelamat dengan keahlian selam sangat dibutuhkan dengan kondisi Musi Banyuasin yang memiliki banyak sungai. Untuk itu, pelatihan sebagai merupakan bagian program "Musi Banyuasin Siaga" yang tujuannya untuk melayani masyarakat. Diharapkan kepada para petugas penyelamat di Musi Banyuasin lebih profesional dalam menjalankan tugas.

"Terima kasih kepada Lanal Palembang yang telah memberikan pelatihan selam dasar bagi masyarakat Musi Banyuasin, kegiatan ini sangat membantu operasi penyelamatan," ujar Dodi.

Sementara itu, Danlanal Palembang Letkol Laut (P) Saryanto mengapresiasi ide yang digagas Bupati Musi Banyuasin terkait pelatihan selam untuk membina generasi muda yang ada di Kabupaten Musi banyuasin.

"Kita berharap melalui pelatihan ini putra-putri Musi Banyuasin ada yang menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut agar bisa memotivasi generasi muda yang ada disini," katanya.

Pada pelatihan tersebut, Bupati Musi Banyuasin H. Dodi Reza Alex yang dianugerahi Brevet Scuba Diver TNI Angkatan Laut dan Brevet ISO (International Scuba Open Circuit ISO) merasa bersyukur atas kepedulian semua pihak atas upaya penyelamatan, beliau juga memberikan reward kepada kelompok masyarakat yang telah berhasil mengevakuasi korban tenggelam di Sungai Musi. Kepada mereka diserahkan uang pembinaan sebesar 5 Juta Rupiah, apresiasi ini diberikan sebagai bentuk  penghargaan serta ucapan terima kasih atas keterlibatan masyarakat dalam program sosial kemasyarakatan termasuk dalam upaya penyelamatan warga yang terkena bencana dan musibah. Selain pelatihan selam dasar, juga digelar pertunjukan loncat indah dan polo air dari atlet binaan PPPLP-D Kabupaten Musi Banyuasin.

Kegiatan diikuti oleh Bupati Musi Banyuasin H. Dodi Reza Alex, Dandim 0401 Letkol Arm Muh. Saifuddin Khoiruzzaman, Kapolres AKBP Andes Purwanti, S.E., M.M., Ketua Pengadilan Agama Syaifullah Anshari, S.Ag., MA.G., Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Ibu Irian Khairul Ummah, S.H., Plt. Kadispopar Muhammad Fariz, S.STP.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM