Home » » PERWIRA MAHASISWA DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-57 LAKSANAKAN LATIHAN PENYUSUNAN RENTINKON KOTAMOPS TNI

PERWIRA MAHASISWA DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-57 LAKSANAKAN LATIHAN PENYUSUNAN RENTINKON KOTAMOPS TNI

Ditulis oleh : Unknown pada Senin, 05 Agustus 2019 | 07.50

Bidikfakta.com- Seskoal, 05 Agustus 2019, -- Sebanyak 150 Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) mengikuti Latihan Penyusunan Rencana Tindakan Kontijensi (Rentinkon) Kotamaops TNI bertempat di Kelas A Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (5/8).

Latihan yang akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari yang dimulai pada tanggal 5 sampai dengan 9 Agustus 2019 ini bertujuan memberikan pembekalan kepada Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal dalam perencanaan penggunaan kekuatan unsur-unsur Kotamaops TNI menghadapi kontijensi yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis. 

Adapun sasaran yang ingin dicapai pada Latihan Penyusunan Rentinkon Kotamaops TNI antara lain terwujudnya kemampuan Perwira Mahasiswa dalam menganalisis perkembangan ancaman yang diprediksi menjadi Kontinjensi dalam kurun waktu satu tahun mendatang serta rencana tindakan Kotamaops TNI dalam merenspon dan mengahadapi Kontinjensi tersebut; terwujudnya kemampuan Perwira Mahasiswa dalam merencanakan penggunaan kekuatan unsur-unsur Kotamaops TNI untuk menghadapi Kontinjensi di wilayah tanggung jawabnya; terwujudnya kemampuan Perwira Mahasiswa dalam menyusun Rentinkon Kotamaops TNI yang terencana, terpadu, komprehensif dan aplikatif dengan mengutamakan kekuatan nyata di Kotamaops TNI tresebut sesuai dengan wilayah tanggung jawabnya serta dapat mensinergikan dan mengintegrasikan kekuatan lain yang ada di wilayah.

Dan sasaran yang ingin dicapai terakhir yaitu terwujudnya kemampuan Perwira Mahasiswa dalam menyusun Rentinkon Kotamaops TNI yang komprehensif,aplikatif, konsisten, terpadu, sesuai dengan ketentuan administrasi dan dapat dioperasionalkan. Dengan demikian Latihan Penyusunan Rentinkon Kotamaops TNI sangatlah penting bagi setiap Perwira Mahasiswa sebagai kader pimpinan TNI Angkatan Laut dimasa mendatang agar mampu melaksanakan tugas dalam jabatan komando dan staf serta berwawasan kebangsaan dalam rangka pertahanan Negara.  

Selanjutnya, para Perwira Mahasiswa menerima pembekalan mengenai Ancaman Cuaca Laut dan Potensi BMKG yang disampaikan oleh Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Bpk. Dr. Urip Haryoko, M.Si., pembekalan dari BNPP mengenai Basarnas dalam Operasi Bencana Alam yang disampaikan oleh Direktur Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Brigjen TNI (Mar) Budi Purnama., S.Psi., M.Agr., pembekalan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengenai Tantangan dan Potensi Ancaman Terorisme dari Radikalisme yang disampaikan oleh Direktur Konvensi Perangkat Hukum Internasional Deputi III Brigjen TNI (Mar) Yuniar Lutfi, dan pembekalan para Asops serta Asintel Koarmada I, Koarmada II dan Koarmada III.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dirdik Seskoal Kolonel Laut (P) Imam Musani, S.E., M.Si., Kadepops Seskoal Gunardi, M.Si (Han), para Patun dan Dosen Seskoal.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM