Home » » Satgas Yonif Raider 321 Kostrad Bantu Pembangunan Honai ( Rumah Adat) Masyarakat Nduga Papua

Satgas Yonif Raider 321 Kostrad Bantu Pembangunan Honai ( Rumah Adat) Masyarakat Nduga Papua

Ditulis oleh : Unknown pada Rabu, 07 Agustus 2019 | 20.57

(Penkostrad. Kamis, 8 Agustus 2019). Satgas Yonif Raider 321 Kostrad membantu pembangunan Honai (Rumah Adat) masyarakat Nduga Papua. Rabu (7/8). Honai adalah rumah adat bagi masyarakat Papua khususnya suku Dani, banyak ditemui di daerah yang berada diatas ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut, tinggi rumah adat tersebut sekitar 3 meter dan berdiameter 5 meter dan berbentuk bulat tidak memiliki jendela dan hanya memiliki satu pintu kecil untuk masuk yang bertujuan untuk menahan cuaca dingin.

Honai merupakan simbol dari kepribadian dan merupakan martabat dan harga diri suku yang harus dijaga oleh keturunan anak cucu mereka sehingga demikian penting dan sakralnya keberadaan Honai tersebut bagi masyarakat asli Papua.

Pembangunan Honai diawali ketika tokoh masyarakat dan tokoh agama yg berada di wilayah tersebut datang untuk bersilahturahmi. Singkat cerita dalam pembicaraan tersebut terungkap bahwa ada masyarakat yang sudah lama mengungsi ketika pulang kembali ketempatnya sudah tidak memiliki tempat tinggal sehingga anggota Satgas yang dipimpin oleh Lettu Inf Rosidi tergerak hatinya dan bersedia membantu mendirikan Honai bekerjasama bersama-sama dengan masyarakat Anggota Satgas Yonif Raider 321 Kostrad yang bertugas di Distrik Dal, Kab. Nduga.

Pada awal pembangunan Honai, sejak pagi masyarakat sudah datang berbondong-bondong  ke lokasi pembangunan dengan membawa kayu, papan, ilalang yang dikumpulkan menjadi satu tempat bahkan ibu-ibu juga turut serta dengan membawa ubi dan air putih.

Setelah bahan terkumpul,  pengerjaan selanjutnya merangkai dan mendirikan Honai. Dengan penuh semangat, anggota bersama-sama dengan masyarakat bekerjasama dan sekali-kali bercanda gurau sehingga perkerjaan terasa lebih ringan. Dalam kurun waktu 3 hari Honai sudah berdiri tegak sehingga tampak kepuasan sendiri dari anggota dan masyarakat yang bekerja. 

Pemilik honai yang dibangun, Bpk Emianus Gwijangge sambil terharu mengucap syukur kepada Tuhan dan menyampaikan banyak terima kasih karena atas bantuan TNI dan warga sekarang dirinya telah memiliki tempat tinggal tidak menumpang lagi di rumah sanak saudaranya seraya berjanji akan menjaga dan merawat Honai tersebut agar bisa diwariskan sampai kepada anak cucunya kelak.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM