Home » » SPKKL Karangasem Bakamla RI Menerima Kunker Satpolairud Polres Karangasem

SPKKL Karangasem Bakamla RI Menerima Kunker Satpolairud Polres Karangasem

Ditulis oleh : Unknown pada Jumat, 16 Agustus 2019 | 03.59

Bidikfakta.com- Bali, 16 Agustus 2019 (Humas Bakamla RI/PR Indonesian Coast Guard)---Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Karangasem Bakamla RI/IDNCG menerima kunjungan kerja Satuan Polairud Polres Karangasem, di Kantor SPKKL Karangasem, Bali, Jumat (16/8/2019).

Lettu Bakamla Kadek Lis Martiaveni, S.Pd., M.AP. menyambut hangat kunjungan kerja yang dipimpin oleh Kasat Polairud Iptu I Gst A. Bagus Suteja, SI.P bersama Kanit Gakkum Aiptu I Wayan Udiana, SH, Ps., Kanit Harwat Aiptu I Komang Singkiryasa dan Ps. Kanit Patroli Aiptu I Gst Lanang Gede tersebut.

Iptu Bagus mengatakan, kunjungan dilaksanakan untuk melakukan koordinasi dengan Bakamla RI, dalam hal ini adalah SPKKL Bali sehubungan dengan keamanan laut wilayah hukum Polres Karangasem, khususnya keamanan laut bagi nelayan.
 
Secara jelas dibahas pada pertemuan tersebut, bahwa para nelayan saat melakukan aktifitas menangkap ikan di perairan laut membutuhkan kelengkapan sarana kontak misalnya handphone. Sarana ini dibutuhkan untuk memberikan informasi sesegera mungkin apabila ada kejadian atau permasalahan di laut, misalnya kejadian mesin jukung mati atau rusak karena cuaca gelombang besar. Tidak menutup kemungkinan adanya perompak laut serta adanya perebutan zona penangkapan ikan yang mana bisa terjadi adanya nelayan dari Lombok menangkap ikan di Perairan Karangasem. Selain itu dapat ditemui pula kegiatan menangkap ikan dengan menggunakan alat bantu berupa bom ikan dan juga potasium sehingga berdampak bagi keamanan nelayan itu sendiri apabila terjadi perselisihan saat menangkap ikan. 

Pertemuan juga membahas jalinan sinergitas antara Sat Polairud Polres Karangasem dengan Bakamla Karangasem baik dalam bentuk latihan bersama (menyelam/SAR), ataupun melibatkan Bakamla RI dalam Patroli Laut. Sebagai bentuk kerja sama antar instansi dapat pula dilakukan aktivitas sambang pesisir masyarakat nelayan di wilayah hukum Polres Karangasem, sehingga dapat terjalin sinergitas yang baik. 

Semua itu dilakukan dalam upaya menciptakan situasi tetap aman dan ketertiban masyarakat dipesisir tetap terjaga dan kondusif, ujar Iptu Bagus Suteja.

Menanggapi hal itu, Lettu Kadek Lis menyatakan rasa terima kasih dan apresiasinya atas kunjungan tersebut, harapannya agar sinergritas antar Instansi terkait tetap terjalin dengan baik.


Autentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla RI, Letkol Bakamla Mardiono

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM